KPU Kabupaten Bekasi Pending Proses Penyandingan Data

Politik  MINGGU, 25 AGUSTUS 2019 , 20:24:00 WIB | LAPORAN: SEPRIYANTO

KPU Kabupaten Bekasi Pending Proses Penyandingan Data

Proses penyandingan data/RMOLJabar

RMOLJabar. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi memending proses penyandingan data yang diperintahkan Mahkamah Konstitusi (MK) di seluruh TPS yang ada di Desa Telaga Murni, Kecamatan Cikarang Barat.

Sekretaris DPC Partai Hanura Kabupaten Bekasi, Agus Nur Hermawan yang hadir sebagai saksi dalam penyandingan data tersebut mengatakan, pemendingan itu terjadi atas kesepakatan bersama lantaran proses penyandingan sudah melewati jadwal yang ditetapkan.

"Penyandingan kita pending karena kita semua bersepakat, proses penyandingan sudah lewat jadwal. Sesuai arahan dari KPU RI, agenda ini berakhir pada Sabtu (24/8) jam 00.00 WIB, tapi ternyata penyandingan belum kelar juga. Jadinya kita pending," ungkap dia, Minggu (25/8).

Untuk itu, kata dia, pihaknya bersama para saksi partai lain meminta agar KPU Kabupaten Bekasi kembali berkirim surat ke KPU RI, untuk membuat permohonan jadwal perpanjangan penyandingan data.

"Kalau jadwal perpanjangan sudah ada dari KPU RI, barulah kita bisa lanjutkan kembali proses penyambungan data sisanya," bebernya.

Dalam penyandingan data yang telah dilakukan, pihaknya mencatat banyak sejumlah data yang tidak sesuai. Untuk itu pihaknya bakal menindak lanjuti hal tersebut ke KPU RI,

"Dari data yang sudah kita sandingkan, ada banyak yang bermasalah, nanti kita laporkan ke KPU RI," jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin membenarkan dipendingnya proses penyandingan data. Alasannya lantaran sanding data telah melewati jadwal yang ditetapkan KPU RI.

Dalam Surat Keputusan KPU RI Nomor: 1293/PY.01.1-Kpt/06/KPU/VIII/2019. Tertanggal 22 Agustus 2019, dijadwalkan pelaksanaan penyandingan data mulai 19-23 Agustus 2019. Namun, saat dibahas dalam forum yang dihadiri para saksi partai. Maka disepakati penyandingan dilanjut hingga tanggal 24 Agustus pukul 23.55 WIB.

"Dalam forum disepakati hingga tanggal 24 Agustus malam. Yang menurut jadwal dari KPU RI sudah masuk ke rekapitulasi dan penetapan hasil pemilu anggota DPRD. Tapi ternyata kita masih belum kelar juga, akhirnya kita pending," bebernya.

Sejauh ini, kata Jajang, baru 82 TPS dari 117 TPS di Desa Telaga Murni yang sudah dilakukan penyandingan. Pihaknya saat ini telah mengajukan permohonan perpanjangan jadwal penyandingan data dari KPU RI.

"Hari ini belum selesai juga, dan kita akan lanjutkan setelah dapat jadwal perpanjangan sanding data yang baru. Sekarang baru 82 TPS, kita merekap sesuai urutan TPS. Kita kan dikasih waktu sama Mahkamah Konstitusi itu 14 hari kerja, artinya jadwal perpanjangan kita pun masih belum menyalahi apa yang diperintahkan MK," jelasnya.

Saat ini, ia pun mengaku belum mengetahui kapan jadwal perpanjangan diberikan dan berapa hari penyandingan data dijadwalkan. Karena menurutnya hal tersebut menjadi kewenangan KPU RI.

"Belum pasti diberi waktu sama kita. Yang pasti kita bersurat ke KPU RI minta perpanjangan waktu, soal apa isi dari surat balasan dari KPU RI itu saya belum tahu," tandasnya. [gan]

Komentar Pembaca