KABUPATEN BANDUNG

Tekan Prevalensi Stunting, Pemkab Akan Masifkan 'Mothers Programme'

Kesehatan  SABTU, 31 AGUSTUS 2019 , 16:23:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Tekan Prevalensi Stunting, Pemkab Akan Masifkan 'Mothers Programme'

Ilustrasi/net

RMOLJabar. Untuk menekan prevalensi stunting anak, Pemkab Bandung akan mulai memasifkan Mothers Programme sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat.

Program yang menyasar khusus kalangan ibu itu diharapkan menekan kasus stunting di Kabupaten Bandung yang berdasarkan data tingkat prevalensinya diatas 40 persen.

Begitu disampaikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bandung Kurnia Agustina dalam keterangannya kepada wartawan.

Kurnia yakin adanya Mothers Programme para ibu ibu diwilayahnya mendapatkan ilmu yang bisa direalisasikan dalam keseharian dan disampaikan kepada warga lainnya.

"Program ini juga akan diberikan kepada para kader posyandu. Saya berharap, apa yang dipelajari dapat diimplementasikan di daerahnya masing-masing," ungkap Kurnia.

Kelompok Kerja (Pokja) TP PKK Pusat Syahril memaparkan, terdapat beberapa faktor penyebab stuning, khususnya pada 1.000 Hari Pertama Kelahiran (HPK).

"Ini dipicu kurang baiknya pengasuhan, kurang akses ke makanan bergizi, kurangnya akses ke air bersih dan sanitasi, serta terbatasnya layanan kesehatan," tuturnya.

Selain itu, lanjut Syahril, stunting juga dapat menjadikan anak rentan sakit, berisiko mengidap penyakit tidak menular (PTM) dan kurangnya tingkat kecerdasan si anak.

"Terdapat beberapa cara mencegah stunting, yakni dengan intervensi gizi spesifik (pemberian ASI eksklusif dan pemberian imunisasi) dan gizi sensitif (akses air bersih dan sanitasi yang baik)," pungkas Syahril. [yud]




Komentar Pembaca
Bunga untuk Veronica Tan

Bunga untuk Veronica Tan

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 17:00:04

Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA