KABUPATEN SUBANG

Sengketa Pemilu 2019 Tuntas, KPU Segera Lantik Anggota Dewan

Politik  MINGGU, 01 SEPTEMBER 2019 , 08:33:00 WIB | LAPORAN: AHMAD SAEPUDIN

Sengketa Pemilu 2019 Tuntas, KPU Segera Lantik Anggota Dewan

Pimpinan KPU Kabupaten Subang/RMOLJabar

RMOLJabar. Mahkamah Konstitusi (MK) tolak semua gugatan kontestan pemilu 2019 di Subang. Baik gugatan yang dilayangkan oleh partai politik maupun perseorangan.

Demikian diungkapkan Komisoner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Subang, Suryaman, usai kegiatan Evaluasi Sengketa Pemilu 2019, dan Penyampaian Hasil Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang diselenggarakan di Hotel Betha Jl. Jend Achmad Yani no. 28, sabtu (31/8) malam.

"Sengketa Pemilu tahun 2019, di Badan Pengawasan Pemilu  (Bawaslu), ada tiga perkara yang dibawa ke provinsi, ditambah Bawaslu RI satu perkara, namun MK menolak semua gugatan, baik dari gugatan perseorangan maupun dari partai," tutur Suryaman.

"Partai golkar yang menggugat dari dapil 11 DPRD provinsi, kemudian  masuk ke MK, Dapil 7 PKB atas nama Sukron Mamun, yang mengajukannya perorangan, semua laporan sudah diselesaikan melalui  MK." lanjutnya.

Disebutkan, Suryaman, KPU Subang mengakui kesalahannya terkait gugatan yang di ajukan ke MK oleh partai PKB. Namun hal itu sudah diperbaiki oleh divisi hukum dan pengawasan.

Masih kata Suryaman, setelah selesainya penyelesaian sengketa pemilu di tingkat MK, KPU Kabupaten Subang segera melantik anggota dewan terpilih. Pelantikan tersebut disebutnya memiliki legitimasi kuat dan berkekuatan hukum tetap.
 
"Pada tanggal 4 september nanti akan di lantik anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Subang, dan itu memang benar murni hasil dari keterbukaan KPU kepada masyarakat datanya bisa dipertanggungjawabkan," pungkasnya. [son]


Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA