Terkait DOB, Fadli Zon: Jabar Sedikit Dirugikan, Harusnya Ada 40 Kabupaten/Kota

Politik  SENIN, 02 SEPTEMBER 2019 , 21:01:00 WIB | LAPORAN: DINNI KAMILANI

Terkait DOB, Fadli Zon: Jabar Sedikit Dirugikan, Harusnya Ada 40 Kabupaten/Kota

Wakil ketua DPR RI, Fadli Zon/RMOLJabar

RMOLJabar. Melihat jumlah penduduk Jawa Barat yang cukup besar sudah seharusnya pemekaran daerah otonomi baru (DOB) dilakukan.

Demikian diungkapkan Politisi Partai Gerindra yang juga Wakil ketua DPR RI, Fadli Zon, ketika ditemui di Gedung Merdeka, Bandung, Senin (2/9).

"Kalau itu menurut saya masih masuk akal. Pengembangan daerah baru, dulu di Jabar ini sudah ada 3 kalau tidak salah, bogor Barat, sukabumi utara dan garut selatan. Yang diajukan pada periode lalu. Sayangnya pemerintah Jokowi melakukan moratorium. Menurut saya jabar harus ada DOB yaitu kabupaten dan kota baru,"katanya.

Menurutnya, saat ini Jawa Barat sedikit dirugikan. Pasalnya jumlah daerahnya kalah dengan jateng dan Jatim, padahal jika dilihat dari sisi jumlah penduduknya jelas lebih besar. Idealnya jumlah kota kabupaten di Jawa Barat ditambah sekitar 13 daerah.

"Paling tidak di Jabar kabupaten kotanya mungkin sekitar 40 dari 27 yang sekarang," ucapnya.

Dengan dibentuknya DOB menurut Fadli akan mempercepat pembangunan di Jabar. Lebih jauh ia menilai yang paling penting bukan menjadi provinsi dari daerah tertentu, tapi pengembangan daerahnya terlebih dahulu.

"Bogor barat, bogor timur, sukabumi utara, garut selatan, cianjur dan beberapa yang lain. Itu yang harus didorong utk mempercepat pembangunan di jabar," papar Fadli.

"Jauh lebih cocok. Kita melihat jabar dirugikan dari sisi APBD, jateng jatim kab kotanya jauh lebih banyak. Selisihnya bisa 10-15. Itu merugikan dari sisi pembangunan dan anggaran," tutupnya.[son]

Komentar Pembaca