Moeldoko Kelewat Batas Minta Dukungan AS Tuntaskan Masalah Papua

Politik  SELASA, 03 SEPTEMBER 2019 , 20:36:00 WIB | LAPORAN: DINNI KAMILANI

Moeldoko Kelewat Batas Minta Dukungan AS Tuntaskan Masalah Papua

Moeldoko/Net

RMOLJabar. Sebagai negara yang berdaulat, negara lain tidak boleh mencampuri urusan dalam negeri Indonesia. Demikian juga dengan Indonesia yang tidak pernah mencampuri urusan dalam negeri negara lain.

"Pun demikian, Indonesia juga menganut politik bebas aktif. Pemerintah Indonesia juga tidak pernah mencampuri urusan dalam negeri negara lain. Oleh karenanya, setiap negara harus saling menghormati kedaulatan masing-masing," kata Eksekutif Indonesian Publik Institute (IPI) Karyono Wibowo, dalam keterangannya kepada Kantor Berita RMOLJabar, Selasa (3/9).

Sehingga dalam penyelesaian masalah konflik yang terjadi di Papua saat ini mutlak urusan dalam negeri Indonesia. Jikalau ada irisannya dengan kepentingan asing, maka cara penyelesaiannya harus mengutamakan prinsip kedaulatan negara.

Karyono menilai, pernyataan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko yang ingin mendapatkan support dari pemerintah Amerika Serikat (AS) dalam penyelesaian masalah Papua sudah kelewat batas.

"Pernyataan Ketua KSP Moeldoko dalam penyelesaian masalah Papua memang agak kebablasan," ujarnya.

Diketahui sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, Pemerintah Indonesia ingin mendapat dukungan dari AS untuk menyelesaikan permasalahan Papua.

"Yang sama-sama kami inginkan adalah kami juga ingin support (dukungan) Amerika atas kondisi yang terjadi di Papua. Dan beliau (David R. Stilwell) sangat support tentang kedaulatan," ujar Moeldoko setelah menerima Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik David R. Stilwell, di Kantor Staf Presiden (KSP), Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (2/9) Kemarin. [gan]

Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 14:31:46

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad