Mahasiswa Indonesia Sabet Juara 2 "WorldSkills Kazan 2019"

Ragam  KAMIS, 05 SEPTEMBER 2019 , 09:52:00 WIB | LAPORAN: DINNI KAMILANI

Mahasiswa Indonesia Sabet Juara 2

Rizky Muhammad (kiri)/Ist

RMOLJabar. Nama Indonesia kembali bergaung di dunia Internasional. Melalui ajang "WorldSkills Kazan 2019", Rizky Muhammad yang merupakan mahasiswa Universitas Komputer Indonesia (Unikom) berhasil meraih Medali Silver atau Juara 2 Internasional, pada kompetisi yang berlangsung di Kazan, Rusia, 22-27 Agustus 2019 lalu.

Kompetisi dunia tersebut melibatkan 63 negara yang mempertandingkan 56 bidang lomba. Mulai dari kategori Information and Communication Technology, Manufacturing and Engineering Technology, Construction and Building Technology, Transportation and Logistics, Creative Arts and Fashion hingga kategori Social and Personal Services.

Perlu diketahui, untuk ajang Worldskill Competition, Kazan 2019, tahun ini Indonesia mengirimkan 33 delegasinya untuk berkompetisi pada 29 bidang lomba. Termasuk salah satunya Rizky yang beradu pada bidang lomba IT Network System Administration dan menjadi satu-satunya wakil Indonesia pada kategori lomba tersebut.

"Untuk dapat mengikuti worldskill Internasional ada rangkaian kompetisi yang harus dilalui, mulai dari tingkat regional, provinsi, nasional, dilanjutkan pada ASEAN Skill dan World Skill Asia. Sehingga akhirnya Rizky bisa mengikuti Worldskill Internasional,” ujar Angga Friyanto, Dosen Pembimbing atau Experts dari Indonesia untuk bidang IT Network System, kepada Kantor Berita RMOLJabar, Kamis (5/9).

Menurutnya, pencapaian Rizky sampai pada titik ini bukanlah perkara mudah. Bagi Unikom sendiri, 2019 menjadi tahun kedua keikutsertaannya dalam kompetisi level Internasional yang melibatkan perguruan tinggi serta industri.

Rizky mendapatkan peringkat kedua di bawah Korea Selatan yang berbeda 6 point dengan raihan 732, sedangkan korea selatan 738.

Proses penilaian yang dilakukan worldskills menggunakan sistem CIS dengan metode measurement dan judgement. Semua aspek penilaian sudah ditentukan bagaimana cara menilai dan requirement untuk mendapatkan setiap pointnya.

Dari hasil penilain menggunakan scala 0-100, kemudian dikonversi menggunakan sistem CIS menjadi scala nilai worldskills 700 yang menghitung nilai tirtinggi, nilai terendah dan jarak nilai setiap peserta. Sehingga menghasilkan nilai scala 700 sebagai batas kompeten.

Pada tahun ini, Indonesia mendapatkan 2 Medali Perak, 1 Medali Perunggu dan 12 Medallion of Excellent.

Rizky mendapakan penghargaan dari kementrian berupa uang pembinaan senilai Rp25 juta dan penghargaan senilai Rp250 juta dari Presiden Republik Indonesia. Sedangkan dari Unikom, selain uang saku juga difasilitasi bebas biaya kuliah untuk jenjang S1 hingga S3 di perguruan tinggi manapun. [gan]


Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad
Latma CT CPX TNI-SAF Berakhir

Latma CT CPX TNI-SAF Berakhir

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 11:18:00