KABUPATEN BANDUNG BARAT

Dilanda Kemarau, Produksi Susu Segar Di Indonesia Alami Penurunan

Ekbis  KAMIS, 05 SEPTEMBER 2019 , 13:56:00 WIB | LAPORAN: ALVIN ISKANDAR

Dilanda Kemarau, Produksi Susu Segar Di Indonesia Alami Penurunan

KPSBU Lembang/RMOLJabar

RMOLJabar. Kemarau panjang yang terjadi di sepanjang 2019 berimbas pada menurunnya produksi susu sapi di Indonesia. Padahal, pada 2018 lalu, Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) menargetkan susu segar dalam negeri (SSDN) bisa menopang 40% kebutuhan susu nasional pada 2020.

Seiring masalah kurangnya pasokan sumber air di musim kemarau ini, Ketua Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) Lembang, Dedi Setiadi mengatakan, musim kemarau di 2019 ini berdampak cukup signifikan terhadap menurunnya produksi susu. Tidak hanya di Provinsi Jawa Barat, penurunan produksi susu pun terjadi di semua wilayah di Indonesia.

"Penurunan ke produksi susu ini di semua wilayah di Indonesia. Sapi sebagai ternak ruminansia makanan pokoknya kan rumput, sementara (persediaan) rumput di musim kemarau pasti berkurang produksinya dan berkurang kualitasnya," kata Dedi saat ditemui di KPSBU Lembang, Kamis (5/9).

Secara keseluruhan, penurunan produksi susu berkisar antara 5 sampai 10% yakni, dari 1,5 juta liter perhari menurun produksinya sebanyak 150 ribu liter per hari.

"Kalau di Jawa Barat produksi (susu segar) 445 ton perhari, nah menurun 45 ton," bebernya.

Dipaparkan Dedi, di Indonesia khususnya di wilayah KPSBU masalah krusial peternakan sapi perah banyak dari peternaknya yang tidak memiliki lahan rumput.

Berdasarkan survei, 70 persen peternak tidak memiliki lahan rumput, 20 persen memiliki lahan namun tidak mencukupi, dan hanya 10 persen yang mencukupi.

"Sebagai antisipasi (ketersediaan pakan pokok) untuk menghadapi kebutuhan pakan sapi perah di musim kemarau ini, peternak bisa menggunakan jerami untuk pakan sapi," imbuhnya. [gan]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad
Latma CT CPX TNI-SAF Berakhir

Latma CT CPX TNI-SAF Berakhir

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 11:18:00