API Jabar Klaim Merugi 15 Miliar Akibat Pakaian Bekas Impor

Ekbis  KAMIS, 05 SEPTEMBER 2019 , 17:39:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

API Jabar Klaim Merugi 15 Miliar Akibat Pakaian Bekas Impor

Sidak API Jabar ke Gedebage Kota Bandung/RMOLJabar

RMOLJabar. Sekretaris Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jawa Barat, Rizal Tanzil mengklaim, pengusaha tekstil di Jawa Barat mengalami kerugian hingga mencapai 15 miliar. Atas pengiriman ilegal pakaian bekas impor sebanyak 551 bal tersebut.

"Pasti ini merugikan kita karena menggerus pasar domesik kita, kalau pak dirjen memprediksi ini 5 miilar kalau kita sekitar 15 miliar, artinya apsar kita tergerus 15 miliar untuk pakaian jadi, ini hanya di satu titik ini (Bandung)," ucap Rizal di lokasi Sidak, Gedebage, Kota Bandung, Kamis (5/9).

Oleh karena itu, API Jawa Barat mengapresiasi penindakan atas pakaian impor bekas ilegal tersebut. Pasalnya, sidak dan penyitaan yang dilakukan Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN).

"Sidak seperti ini sangat penting untuk industri tekstil kita, karena konsumen kita ini cenderung ke harga, padahal kalau kita lihat barangnya sudah tidak layak dipakai, ini sampah," ujar Rizal.

Berbeda dengan Rizal, pemilik 551 bal pakaian bekas impor, Amir (45) menampik nilai barang tersebut hingga miliaran rupiah. Menurutnya, nominal harga pakaian bekas impor itu jauh dari estimasi nominal yang ditaksir oleh Kemendag.

"Perlu kita konfirmasi, sampai miliaran itu salah lah, pakaian bekas lima miliar, mana ada kita uangnya," ungkap Amir.

Amir juga menyebutkan, pihaknya membeli pakaian bekas impor dengan harga bervariatif per bal nya. Tergantung pada merek yang terdapat dalam setiap bal nya.

"Per bal aja, ada yang dua juta, ada yang 3 juta, 1,5 juta. Ada kategorinya, ada mereknya masing-masing," pungkas Amir. [yud]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad
Latma CT CPX TNI-SAF Berakhir

Latma CT CPX TNI-SAF Berakhir

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 11:18:00