KABUPATEN BANDUNG

Disdik Siap Bersinergi Tekan Prevalensi Stunting

Pendidikan  KAMIS, 05 SEPTEMBER 2019 , 17:51:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Disdik Siap Bersinergi Tekan Prevalensi Stunting

Kadisdik Kabupaten Bandung Juhana/RMOLJabar

RMOLJabar. Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung menyatakan siap bersinergi untuk menekan kasus prevalensi stunting melalui program yang kini digulirkan pemerintah.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung berharap sinergitas instansinya ini bisa memberikan hal positif agar semua anak sehat dan siap mendapat pendidikan.

"Kami akan mencoba mengatasi masalah stunting melalui sektor pendidikan salah satunya pemahaman betapa pentingnya konsumsi gizi," ungkap Juhana, Kamis (5/9).

Disdik juga, lanjut Juhana, akan ikut mengkampanyekan soal 7 pembiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun).

"Kemudian memilih makanan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman, Minum Air Bebas Kuman, Sikat Gigi Pagi dan Malam, Kamar Mandi Bersih dan Higienis, Kelola Sampah Rumah dan Cegah DBD (Demam Berdarah) Dengan Gerakan 3 M," ucapnya.

Juhana berpendapat SDM yang berkualitas merupakan modal pembangunan suatu daerah. Oleh karena itu, dirinya meminta pemerintah desa untuk mengalokasikan Dana Desa (DD) untuk PAUD, khususnya untuk prioritas penurunan stunting.

Hal itu selaras dengan salah satu misi pembangunan Pemerintah Kabupaten Bandung, yaitu meningkatkan kualitas SDM. Jadi jangan segan atau ragu untuk membiayai makan, minum, kesehatan dan sekolah untuk anak-anak kita," tandasnya.

Sesuai data yang diterima, sebanyak 10 desa di 8 kecamatan di Kabupaten Bandung menjadi prioritas penanganan stunting karena prevalensinya yang cukup tinggi.

Beberapa daerah itu Desa Rancatungku (Pameungpeuk), Dampit, Narawita, dan Tanjungwangi (Cicalengka), Mekarlaksana (Cikancung), Babakan (Ciparay), Girimulya (Pacet), Cihawuk (Kertasari), Karang tunggal (Paseh) dan Desa Cibodas (Pasirjambu). [yud]

Komentar Pembaca
Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 22:28:40

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 14:25:41

Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Gunungpati Semarang
Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad