Cabuli Anak Tiri, Kakek Ini Divonis Delapan Tahun Penjara Dan Denda 1 Miliar

Hukum  JUM'AT, 06 SEPTEMBER 2019 , 22:43:00 WIB | LAPORAN: SYAH RONI

Cabuli Anak Tiri, Kakek Ini Divonis Delapan Tahun Penjara Dan Denda 1 Miliar

Sarjono/RMOLJabar

RMOLJabar. Majelis Hakim menjatuhi vonis hukuman 8 tahun penjara serta denda Rp1 miliar kepada terdakwa kasus pencabulan anak di bawah umur. Vonis tersebut dijatuhkan kepada terdakwa Sarjono (51), ayah tiri korban pada sidang putusan yang digelar di Pengadilan Negeri Sumber Kabupaten Cirebon, Kamis (5/9).

"Untuk putusan mungkin sudah dengar sama-sama yah, 8 tahun penjara dengan dipotong masa tahanan dan denda 1 miliar, subsider 6 bulan kurungan. Untuk restitusinya Rp29 juta," ungkap Jaksa Penuntut Umum (JPU), Ida Fatmawati usai sidang putusan.

Dikatakan Ida, vonis 8 tahun penjara tersebut merupakan hasil pertimbangan Majelis Hakim dari tuntutan sebelumnya yakni 15 penjara yang dirasa cukup berat. Sedangkan untuk besaran restitusi sendiri berdasarkan keputusan LPSK  yang diserahakan ke Majelis Hakim dan disetujui di persidangan.

"Yang membuat berat si terdakwa ini tidak mengakui perbuatannya. Kedua, si terdakwa ini merupakan bapak korban. Undang-undang perlindungan anak sendiri mengatur apabila dilakukan oleh orang tua, maka ancaman pidananya ditambah sepertiga," jelas Ida.

Vonis tersebut dijatuhkan kepada terdakwa karena perbuatannya yang terbukti telah melakukan pencabulan kepada anak tirinya sendiri yang masih berusia 13 tahun.

Diketahui, kejadian tersebut bermula saat korban sedang melakukan liburan ke rumah ibunya yang bersuamikan terdakwa. Berharap dapat melepas rindu pada sang ibu, namun justru pengalaman pahit yang harus didapat oleh gadis yang selama ini tinggal bersama ayah kandungnya.

Ayah kandung korban yang mengawal jalannya persidangan mangaku tidak puas dengan putusan pengadilan dengan vonis 8 tahun penjara dan denda 1 M yang dijatuhkan Majelis Hakim kepada terdakwa, melihat tuntutan awal 15 tahun penjara. Namun demikian, ia pun akhirnya menerima putusan tersebut. [gan]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad
Latma CT CPX TNI-SAF Berakhir

Latma CT CPX TNI-SAF Berakhir

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 11:18:00