KABUPATEN BANDUNG

Pastikan Gas 3 Kg Tepat Sasaran, Pemda Harus Intens Lakukan Monitoring

Ekbis  MINGGU, 08 SEPTEMBER 2019 , 22:08:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Pastikan Gas 3 Kg Tepat Sasaran, Pemda Harus Intens Lakukan Monitoring

Ilustrasi gas 3 kg/Net

RMOLJabar. PT Pertamina meminta agar seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) lebih intens melakukan monitoring penggunaan bahan bakar gas di seluruh rumah makan di wilayahnya, terutama yang berskala besar.

Branch Marketing Manager PT Pertamina (Persero) wilayah Jawa Barat Sylvia Grace Yuvenna mengatakan, bila monitoring itu penting untuk memastikan jenis tabung gas apa yang digunakan di tiap rumah makan.

"Ini juga upaya agar gas bersubsidi tak digunakan di sana. Gas 3 kg itu untuk rumah tangga miskin dan usaha kecil. Rumah makan dan restoran itu idealnya pakai 5,5 kg atau 12 kg," ujarnya kepada Kantor Berita RMOLJabar, Minggu (8/9).

Dengan menggunakan elpiji nonsubsidi, kata Sylvia, menandakan para pelaku usaha besar betul-betul tidak mengambil hak dari bantuan pemerintah. Untuk itu, pihaknya meminta peran Pemda memonitoring.

"Belum lama ini kami juga bersama Pemkab Bandung Barat mengecek rumah makan mana yang masih memakai tiga kilo. Kami pun melakukan penukaran dari tabumg 3 kg ke nonsubsidi," ucapnya.

Terkait berapa persen potensi penggunaan gas subsidi di rumah makan besar yang ada di Jabar, Sylvia mengaku, pihaknya belum dapat merinci. Meski begitu jika mengamati lapangan tentu hal tersebut cukup besar.

"Memang masih ada (rumah makan besar) yang pakai 3 Kg. Makanya kami akan bergerak, hanya saja untuk sidak harus berkoordinasi dengan Pemda yang punya wilayah. Kami akan support," ungkapnya.

Disinggung adakah sanksi yang diberikan kepada rumah makan atau restoran besar yang membandel karena menggunakan gas bersubsidi, Sylvia menyebut secara resmi belum ada regulasi yang memang mengikat.

"Makanya kami baru sebatas memberi imbauan agar menggunakan produk subsidi sesuai peruntukan. Kalau masyarakat mampu atau pengusaha besar yang pakai, anggaran pemerintah bisa jebol," tandasnya. [gan]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad
Latma CT CPX TNI-SAF Berakhir

Latma CT CPX TNI-SAF Berakhir

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 11:18:00