KABUPATEN BANDUNG BARAT

Pakan Sapi Langka, KPSBU Lembang Siapkan Silase Jagung

Ekbis  SENIN, 09 SEPTEMBER 2019 , 17:31:00 WIB | LAPORAN: ALVIN ISKANDAR

Pakan Sapi Langka, KPSBU Lembang Siapkan Silase Jagung

Peternak Sapi Perah Di Lembang, Kabupaten Bandung Barat/RMOLJabar

RMOLJabar. Dikarenakan sulitnya ketersediaan rumput untuk pakan ternak sapi perah, Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) Lembang, Kabupaten Bandung Barat, berencana menyediakan pakan bagi para peternak.

Sehubungan ini, KPSBU Lembang merancang pembuatan silase jagung sebagai pakan pokok sapi perah.

Dikatakan Ketua KPSBU Lembang, Dedi Setiadi, pakan pokok sapi perah berupa berbagai jenis rumput baik rumput gajah, rumput raja (king grass), maupun rumput liar. Akan tetapi dalam kondisi minimnya ketersediaan rumput baik di alam maupun di ladang peternak, bisa disiasati dengan mencampur pakan lainnya selain rumput supaya sapi perah bisa tetap berproduksi.

"Ampas tahu dan ampas singkong saat ini sudah jadi pakan pokok untuk sapi juga sebenarnya, karena ketika persediaan rumput kurang, ada tambahannya dari ongok singkong dan tahu," kata Dedi di Lembang, baru-baru ini.

Menurut Dedi, ongok (ampas) tahu sangat bagus untuk sapi perah karena kandungan proteinnya bisa langsung diserap tubuh sapi sementara ongok singkong bisa membantu membuat perut sapi kenyang.

"Jadi campuran dua bahan itu sangat membantu dalam menghasilkan susu," ucapnya.

Menghadapi kondisi musim kemarau dan juga sulitnya para peternak sapi memperoleh pakan untuk sapi perahannya, dia memaparkan, KPSBU Lembang saat ini sedang merancang dua program yang bekerjasama dengan perkebunan teh (PTPN VIII) untuk 100 hektare lahannya digunakan sebagai lahan jagung dan produksi silase jagung untuk pakan ternak.

"Silasenya kita buatkan 'diary villages' di sana yang hasil produksinya dijual kepada anggota, kita gak narik untung asal break even point' aja," ujarnya.

Dengan adanya pembuatan silase yang dikelola KPSBU Lembang, dia meyakini, produksi susu segar bisa lebih meningkat di samping memudahkan para peternak dalam mengurus sapi-sapi perahannya. Dikarenakan konsentrasi peternak tidak lagi terbagi-bagi baik untuk mengurus sapinya maupun mencari pakan pokoknya.

"Ke depan kita berharap peternak itu konsentrasi saja untuk mengurus sapinya sedangkan pakannya kita suplai dari hasil pembuatan silase," tukasnya.[son]


Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad
Latma CT CPX TNI-SAF Berakhir

Latma CT CPX TNI-SAF Berakhir

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 11:18:00