Vina Garut 'Digoreng' Terus, Siapa Diuntungkan?

Politik  SENIN, 09 SEPTEMBER 2019 , 23:23:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD IRFAN

Vina Garut 'Digoreng' Terus, Siapa Diuntungkan?

Moely Wiranatakusumah/Repro

RMOLJabar. Pemberitaan kasus video porno "Vina Garut" hingga kini masih menjadi pembicaraan hangat dan viral di berbagai sosial media dan media massa. Hampir setiap hari pemberitaan ini dipublikasikan. Di balik viralnya pemberitaan tersebut, perhatian publik seolah dialihkan dari kasus-kasus besar yang terjadi, termasuk kasus korupsi di Kabupaten Garut.

Pengamat sosial Jawa Barat Moely Wiranatakusumah menilai, publik jangan dibuai oleh pemberitaan-pemberitaan seperti Vina Garut. Mengingat pemberitaan video asusila tersebut justru memberikan dampak negatif bagi nama baik Garut sendiri.

"Berhentilah mengeksploitasi pemberitaan memalukan seperti itu. Itu justru mencoreng nama Garut. Kasihan generasi-generasi penerus Garut. Jejak digitalnya kan tidak bisa hilang. Pemberitaan ini juga melebar kemana-mana, bahkan sudah menyebar ke daerah-daerah luar Jawa Barat, mungkin sampai ke luar negeri. Saya sebagai orang Sunda malu, bukannya senang," kata Moely kepada Kantor Berita RMOLJabar, Senin (9/9).

Menurutnya, bukan tidak mungkin isu ini terus digoreng untuk menutupi isu-isu yang lebih penting dan harus menjadi perhatian. Moely juga mengapresiasi media dan aktivis yang masih concern mengawal kasus korupsi yang terjadi di Garut.

"Isu korupsi di Garut misalnya. Sebelum muncul pemberitaan Vina Garut kasus korupsi kan sedang disorot ya, bukan hanya media lokal di sana, tapi media nasional juga. Saya mengapresiasi pada teman-teman aktivis dan media yang masih konsisten mengawal kasus-kasus korupsi di tengah-tengah isu Vina Garut," tambah Moely.

Moely meminta jangan sampai seperti kejadian sudah-sudah, isu berganti, kasus korupsi terhenti.

"Padahal kita harus mengawal kasus itu. Bukan duit sedikit itu kan. Itu uang rakyat. Mau jadi apa Garut kalau terus-terusan kasus korupsi ini seperti mainan elit," ucap Moely.

Moely mengajak publik untuk tidak mudah terkecoh dengan isu yang digelindingkan oleh pihak-pihak yang tak ingin kasusnya diungkap.

"Pengalihan isu dibuat. Ada yang sengaja memproduksi. Kita harus jeli. Tapi bukan berarti juga kasus asusila seperti Vina Garut tidak diproses hukum. Tapi jangan sampai melebar-lebar dan akhirnya membuat publik dan penegak hukum terbuai oleh isu seperti ini. Sekarang teman-teman aktivis di Jakarta sedang meperjuangkan membela KPK, nah Garut bagaimana? Jabar bagaimana? mau jadi penonton?. Sadarlah, kalau isu memalukan ini terus digoreng yang diuntungkan adalah penjahat-penjahat di balik mafia kasus dan pelaku korupsi itu sendiri," pungkas Moely. [gan]

Komentar Pembaca
Tari Piring dengan Penari Terbanyak

Tari Piring dengan Penari Terbanyak

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 20:51:12

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 09:57:31

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

JUM'AT, 11 OKTOBER 2019 , 16:08:49

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad