KOTA CIMAHI

Gelar Ramp Check, Kendaraan Over Dimensi Wajib Dipangkas

Peristiwa  SELASA, 10 SEPTEMBER 2019 , 20:18:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Gelar Ramp Check, Kendaraan Over Dimensi Wajib Dipangkas

Ramp check/RMOLJabar

RMOLJabar. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi gelar pemeriksaan kendaraan (ramp check) di Rest Area 125 Tol Purbaleunyi, Cibeber, Kota Cimahi, Selasa (10/9). Hasilnya, ditemukan sejumlah kendaraan angkutan barang yang over dimensi yakni melebihi keterangan baku kendaraan.

Kepala Dishub Kota Cimahi, Yanuar Taufik mengatakan, pelaksanaan ramp check melibatkan petugas gabungan baik dari Dishub Kota Cimahi, unsur TNI, maupun Kepolisian Resor Cimahi. Pemeriksaan ditujukan guna memeriksa sejumlah kendaraan angkutan barang maupun kendaraan angkutan umum.

"Puluhan kendaraan angkutan barang dan angkutan umum kita periksa. Dan memang ada sejumlah kendaraan angkutan barang besar yang over dimensi," kata Yanuar di sela-sela pemeriksaan kendaraan, Selasa (10/9).

Teruntuk kendaraan yang over dimensi, dia menerangkan, secara teknis petugas melakukan pengukuran kendaraan kategori besar yang disesuaikan dengan keterangan baku kendaraan tersebut. Apabila melebihi ketentuan, petugas akan langsung memberikan penindakan.

"Kita beri tanda berupa coretan cat semprot berwarna hitam pada bagian yang memang harus dipotong oleh pemiliknya supaya dipotong sesuai aturan dan juga ada sanksi tilang," terangnya.

Dia menjelaskan, pemeriksaan kendaraan dilakukan untuk mengantisipasi risiko kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh ketidaklaikan kendaraan maupun kelengkapan surat-surat kendaraan.

Beberapa waktu lalu, kecelakaan maut terjadi di jalan Tol Cipularang yang diduga karena kendala teknis kendaraan. Kemudian, tepat hari ini, Selasa (10/9), kecelakaan juga terjadi di ruas jalan tol yang berdekatan dengan lokasi kecelakaan maut sebelumnya.

"Akhir-akhir ini banyak sekali kejadian karena masalah teknis kendaraan yang tak laik jalan. Jadi untuk yang tidak laik kita tunda keberangkatannya," bebernya.

Sementara itu, Kepala Bagian Operasi (KBO) Satlantas Polres Cimahi, Iptu Duddy Iskandar menambahkan, mengantisipasi maraknya kecelakaan lalu lintas terutama di jalan tol, pihaknya juga rutin melakukan kegiatan serupa.

"Ini yang kedua kalinya selama operasi patuh. Kegiatan ini untuk mengeliminir terjadinya kecelakaan di ruas jalan tol," tukasnya. [alvin/gan]

Komentar Pembaca
Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Celoteh Jokowi Tidak Ada Kebakaran Hutan Faktanya Nol Besar