Dua Parpol Terlambat Serahkan Laporan Keuangan

Politik  SELASA, 10 SEPTEMBER 2019 , 23:43:00 WIB | LAPORAN: FAJAR SIDIQ SUPRIADI

Dua Parpol Terlambat Serahkan Laporan Keuangan

Bimtek LPJ Keuangan Parpol di Kota Sukabumi/RMOLJabar

RMOLJabar. Dua partai di Sukabumi belum serahkan laporan keuangan ke BPK. Dua partai tersebut ialah PPP dan Hanura.

"Iya PPP dan Hanura belum melaporkan pertanggunjawaban," ujar Kepala Kesbangpol Kota Sukabumi Agus Wawan Gunawan dalam kegiatan Bimbingan Teknis Tata Cara Penghitungan, Administrasi Pengajuan dan LPJ Bantuan Keuangan Parpol, Selasa (10/9).

Namun menurutnya, kedua partai tersebut sudah menyusul menyerahkan laporan ke BPK. Terutama laporan keuangan untuk 2019.

"Kemarin mungkin sibuk pemilu, sehingga tidak sempat disampaikan laporannya. Sehingga mereka harus menyusul menyerahkan lapirannya ke Bandung," ucapnya.

Saat ini, tinggal menunggu hasil audit BPK terkait laporan ke dua partai tersebut. Menurutmua, lebih cepat lebih baik.

"Sebaiknya tidak melebihi tshun anggaran. Kalau melebihi, tidak bisa cair dan mengajukan. Diusahakan sekarang sekarang. Sehingga bisa mengajukan," ungkapnya.

Terkait anggaran untuk parpol sendirj relatif sama. Hal itu sebesar Rp4.337/ suara sah. Namun yang berubah dari segi pergeseran keanggotaan di DPRD. Termasuk ada Permendagri yang baru.

"2019 ini ada dua tahap. Tahap pertama ngacu pada hasil pemilu 2014,sementara tahap ke dua yang sisa empat bulan mengacu pada suara sah di 2019," pungkasnya. [yud]




Komentar Pembaca