Beginilah Kondisi Bisnis Hotel Di Jabar Saat Ini

Ekbis  RABU, 11 SEPTEMBER 2019 , 02:23:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD IRFAN

Beginilah Kondisi Bisnis Hotel Di Jabar Saat Ini

Ilustrasi/net

RMOLJabar. Kondisi bisnis perhotelan dan restoran di Jawa Barat saat ini sedang mengalami penurunan, seiring menurunnya jumlah wisatawan yang masuk Jawa Barat.

Kondisi ini diperburuk dengan menjamur digital online yang menjadikan persaingan bisnis hotel dan restoran semakin ketat.

Kondisi perekonomian masyarakat saat ini juga menjadi faktor yang semakin membuat pengusaha hotel dan restoran Jabar goncang. 

Begitu dikatakan, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat Herman Muhtar, kepada Kantor Berita RMOLJabar, Selasa (10/9).

"Kalau melihat kondisi ekonomi, bukan hanya Jawa Barat, Nasional, Dunia juga sedang mengalami resesi. Kemudian untuk perhotelan, kondisinya tidak sebaik tahun 2014-2015, itu momennya hotel dan restoran. Selain kondisi ekonomi, wisman (wisatawan mancanegara) juga mengalami penurunan. Di samping itu dengan sistem sekarang itu berbeda dengan dulu, ekarang ini dengan adanya digital online yang terjadi itu pemerataan, banyak nya rumah-rumah menjadi guest house, ini merupakan occupansi nya menurun," kata Herman.

Herman melanjutkan, meski pariwisata Jabar dijadikan unggulan oleh Pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota, bukan berarti membawa efek positif bagi bisnis hotel dan restoran.

Sehingga, ini akan menambah keterpurukan jika di level pemerintah, provinsi, hingga kota tidak diisi oleh orang-orang yang paham bisnis hotel, restoran dan pariwisata.

"Pariwisata menjadi devisa nomor 2, pariwisata ini menjadi unggulan di Jabar oleh RK (Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat). Jabar juga ditetapkan menjadi provinsi pariwisata, tapi bagaimana mencapai target? ini harus ditopang SDM yang handal, destinasi bisa ditingkatkan gak? sekarang pak RK sudah satu tahun, pak RK sudah menetapkan dasar-dasar pembangunan Jabar, termasuk pariwisata, ini ditunggu masyarakat," pungkasnya. [yud]




Komentar Pembaca
Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Celoteh Jokowi Tidak Ada Kebakaran Hutan Faktanya Nol Besar