Pihak Asing Tak Pernah Berhenti Mengobok-Obok Indonesia

Politik  RABU, 11 SEPTEMBER 2019 , 09:14:00 WIB | LAPORAN: FAJAR SIDIQ SUPRIADI

Pihak Asing Tak Pernah Berhenti Mengobok-Obok Indonesia

Andi Supriadi/Net

RMOLJabar. Pemerhati Budaya Dan Lingkungan Andi Supriadi menilai kisruh Papua bisa jadi diciptakan oleh sekelompok oknum yang jaringan dan praktik korupsinya tidak ingin terusik. Apalagi, pihak asing tidak pernah berhenti mengobok-obok Indonesia.

"Sepertinya mustahil operasi intelijen asing dapat berjalan baik di negara kita, bila tanpa adanya bantuan dari oknum bangsa kita sendiri yang menjadi agen taktis atau komparadornya," ujarnya kepada Kantor Berita RMOLJabar, Rabu (11/9).

Menurut mantan aktivis Unpad Bandung tersebut, kualitas aparat keamanan Indonesia sudah sangat mumpuni. Termasuk dalam mengatasi dan mengantisipasi masalah seperti yang tengah terjadi di Papua akhir-akhir ini. Namun, tanpa dukungan politik yang kuat dan anggaran yang cukup, tidak akan optimal.

"Bagaiimana pun hebatnya aparat kita, tidak akan mampu bekerja secara optimal," ucapnya.

Adanya peranan asing atau kelompok pemberontak yang terorganisir rapih pada serangkaian peristiwa di Papua akhir-akhir ini, itu adalah kemungkinan yang sangat besar sekali terjadi. Mengingat geopolitik dan geostrategis Papua, serta masih banyaknya titik-titik sumber daya alam Papua yang luar bisa hebat.

"Itu menjadi incaran serta rebutan pihak-pihak berkepentingan yang ingin mengeruk keuntungan darinya, melalui penguasaan wilayah lebih dulu agar lebih mudah," ungkapnya.

Namun lanjut Andi, pihak keamanan Indonesia jauh-jauh hari sudah menyiapkan langkah-langkah untuk mengatasi segala kemungkinan. Termasuk campur tangan pihak-pihak tertentu. Akan tetapi, mereka tidak bisa bekerja dengan baik karena dukungan anggaran yang kurang memadai.

"Bisa juga karena adanya konflik kepentingan di tingkat elit, yang menyandera para pucuk pimpinan bidang keamanan, yang berimbas pada terganggunya regulasi dan kinerja aparat dalam menjalankan tugas pokoknya," terangnya

Oleh sebab itu, perihal anggaran dan kelancarannya harus diperhatikan dengan baik oleh pihak yang berwenang. Selain itu, konflik di tingkat elit, jangan sampai mengganggu kerja aparat.

"Semua ini tentu saja agar keselamatan bangsa dan negara tidak tergadai akibat ulah asing yang dibantu oknum-oknum bangsa kita sendiri," pungkasnya. [gan]

Komentar Pembaca
Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Celoteh Jokowi Tidak Ada Kebakaran Hutan Faktanya Nol Besar