ASN Bandung Di Tes Urine, Jika Kedapatan Bakal Diberhentikan

Peristiwa  RABU, 11 SEPTEMBER 2019 , 10:50:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

ASN Bandung Di Tes Urine, Jika Kedapatan Bakal Diberhentikan

Sample urine/RMOLJabar

RMOLJabar. Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bandung bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bandung melakukan pengetesan urine. Sebanyak 52 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Kecamatan Cinambo di tes urine di Kantor Kecamatan Cinambo, Rabu (11/9).

Pengujian tersebut merupakan agenda rutin dari BKPP. Kepala Bidang Evaluasi Kinerja, Disiplin, dan Kesejahteraan Pegawai BKPP Kota Bandung, Harry Chrismarjadi mengungkapkan, screening test ini dilakukan setiap tahun kepada seluruh organisasi perangkat daerah di Kota Bandung.

"Setiap tahun kami melakukan pengetesan, jadi kami melihat mana organisasi daerah atau unit kerja yang belum dilakukan, atau organisasi daerah yang rentan," kata Harry.

Menurutnya, pengetesan urine dilakukan tanpa memberitahu ASN. Hal ini dikarenakan ingin melihat kondisi apa adanya para ASN, serta untuk menghindari adanya rekayasa dan ASN yang menghindar.

"Jika ada yang positif, dampaknya pasti pada organisasi akan tercoreng, harkat martabat PNS/ASN akan bermasalah. Kalau dia sebagai pengguna, kami akan berkordinasi dengan BNN Kota Bandung untuk melakukan rehabilitasi, sehingga kualitas hidupnya menjadi lebih baik lagi," ujarnya.

"Selain direhabilitasi, tidak menghilangkan ancaman dia terkena sanksi disiplin kepegawaian. Adapun sanksi terberatnya yaitu diberhentikan. Sehingga kami akan melakukan hukuman disiplin berdasarkan PP 53 Tahun 2010 mengenai disiplin PNS," tegasnya. [tanti/gan]

Komentar Pembaca
Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Celoteh Jokowi Tidak Ada Kebakaran Hutan Faktanya Nol Besar