Gugatan Warga Dikabulkan, Pemkot Cimahi Siap Ikuti Aturan

Hukum  RABU, 11 SEPTEMBER 2019 , 12:16:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Gugatan Warga Dikabulkan, Pemkot Cimahi Siap Ikuti Aturan

Ajay Muhammad Priatna/RMOLJabar

RMOLJabar. Dikabulkannya gugatan kasus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Rozzelle Guest House di Kompleks Setraduta, Kota Cimahi oleh Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung, Pemerintahan Kota Cimahi mengaku siap mengikuti aturan.

Bahkan, Pemkot Cimahi akan merancang diskusi sebagai bentuk kesiapan apabila pihaknya dituntut balik pemilik guest house.

Diakui Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna, dirinya akan menemui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti DPMPTSP dan Bagian Hukum Setda Kota Cimahi untuk membahas perihal putusan PTUN terkait pengabulan gugatan kasus IMB.

"Baru tau hari ini. Kalau sudah inkrah mau tidak mau harus dijalankan, saya belum tau," kata Ajay saat ditemui Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Rabu (11/9).

Berdasarkan informasi dari OPD terkait, IMB itu dikeluarkan dulunya karena pemilik guest house sudah melengkapi persyaratan yang sudah ditetapkan.

"Kalau kami kan dulu mengeluarkan (izin) prosedurnya sudah ditempuh tapi karena satu dan lain hal perjalanan (mungkin bermasalah)," ujarnya.

Terkait kemungkinan adanya tuntutan balik dari pemilik guest house, dia menegaskan, pihak Pemkot Cimahi akan membahas kemungkinan tersebut dengan OPD terkait.

"(Kemungkinan tuntutan balik) itu yang saya mau didiskusikan dengan semua bagian terkait," tandasnya.

Sebelumnya, PTUN Bandung mengabulkan gugatan penggugat seluruhnya. IMB guest house di wilayah permukiman mewah Setraduta pun dicabut atau dibatalkan.

"Mengabulkan gugatan penggugat secara seluruhnya. Membatalkan IMB yang diterbitkan tergugat," kata Ketua Majelis Hakim PTUN Husban yang diketuai saat membacakan amar putusan di PTUN Bandung, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (10/9).

Sebagai informasi tambahan, Warga Setraduta Blok L5 Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi menggugat Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cimahi berkaitan penerbitan IMB Rozzelle Guest House. [alvin/gan]

Komentar Pembaca
Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Celoteh Jokowi Tidak Ada Kebakaran Hutan Faktanya Nol Besar