KABUPATEN KARWANG

Sawah Gagal Panen, Petani Hanya Bisa Pasrah

Peristiwa  RABU, 11 SEPTEMBER 2019 , 17:50:00 WIB | LAPORAN: NURJAYA BACHTIAR

Sawah Gagal Panen, Petani Hanya Bisa Pasrah

Lahan Sawah Kekeringan di Karawang/RMOLJabar

RMOLJabar. Hampir semua lahan persawahan di Kecamatan Banyusari, kabupaten Karawang mengalami kekeringan. Para petani hanya bisa pasrah tanaman padinya mati sebelum dipanen.

"Setiap musim tanam gadu, dipastikan tidak bisa menanam padi karena kurang pasokan air, " Ungkapnya  Waslan,  Petani Desa Pemekaran kepada RMOLJabar, Rabu (11/9).

"Mau bagaimana lagi pak,lahan dan tanaman kami sudah dipastikan tidak bisa di olah lagi. Tanah sudah meretak karena kering," imbuhnya.

Di Desa pamekaran saja ratusan hektar lahan sawah gagal panen. Kepala Desa Pamekaran, Muhamad Holil, megatakan situasi itu membuat para petani mengalami kerugian.  

"Seluruh luas area sawah sekitar 295 hektare,  dan yang paling parah ada sekitar 150 hektare tidak mendapatkan pasokan air,  padi warga kami bisa dipastikan akan mati " ujarnya Holil,  saat ditemui.

Dia menerangkan sampai saat ini sudah tidak ada lagi pasokan air yang masuk ke area sawah karena sumber airnya sudah kering. Diketahui sumber air yang dimaksud adalah hulu saluran Tapen yang selama ini digunakan petani lima desa yaitu Desa Jatibaru, Kecamatan Jatisari, Desa Cicinde Selatan, Desa Cicinde Utara, Desa Jaya mukti dan terkahir Desa Pamekaran.

Menurut Holil masalah kekeringan di musim kemarau ini lebih disebabkan saluran irigasi tidak berfungsi secara normal. Seingat dia, kerusakan irigasi belum diperbaiki sejak 10 tahun lalu.

Dia mengaku sudah melaporkan semua masalah yang dihadapi para petani kepada instansi terkait, salah satunya ke Dinas Pekerjaan Umum. Holi berharap Dinas PU segera bertindak agar kejadian serupa tak terulang di tahun depan.

"Di harapkan  pengairan dikawasan ini masih irigasi biasa dan memang diperlukan pembangunan irigasi beton supaya bisa menjangkau sumber air untuk mengairi kawasan persawahan yang ada."pungkasnya. [son]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad
Latma CT CPX TNI-SAF Berakhir

Latma CT CPX TNI-SAF Berakhir

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 11:18:00