Puluhan Anggota DPRD Kota Tasikmalaya Mulai Gadaikan SK ke Bank

Politik  RABU, 11 SEPTEMBER 2019 , 22:22:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD IRFAN

Puluhan Anggota DPRD Kota Tasikmalaya Mulai Gadaikan SK ke Bank

Sumpah Jabatan Anggota DPRD Tasikmalaya periode 2019 - 2024/RMOLJabar

RMOLJabar : Pasca dilantik anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Tasikmalaya, periode 2019-2024  ramai-ramai mendatangi kantor Bank, untuk mengajukan pinjaman kredit ke bank yang ada di Kota Tasikmalaya.

Saat ini tercatat ada 15 orang dari jumlah 45 orang anggota DPRD Kota Tasikmalaya, yang telah mengajukan pinjaman kredit ke salah satu bank di Kota Tasikmalaya, kata Sekretaris DPRD Kota Tasikmalaga Oslan Haerul Falah.

Menurut Oslan hal tersebut merupakan hal wajar dan biasa terjadi manakala anggota dewan baru menerima surat keputusan (SK). Namun, pihak sekwan tidak mengetahui berapa besaran pinjaman dan untuk kebutuhan apa pinjaman keuangan tersebut, karena semuanya di kembalikan kepada masing-masing anggota DPRD.

"Saya tidak tahu berapa nilai pinjaman masing-masing anggota DPRD ke bank, karena saya tidak bisa intervensi dan tidak mengetahui untuk kebutuhan apa uang tersebut, karena itu dikembalikan kepada anggota dewan sendiri, kata Oslan.

Oslan menjelaskan, setiap anggota dewan yang akan mengangunkan SK nya ke bank, harus terlebih dahulu mengajukan ke sekwan guna kepentingan administrasi. Adapun  kata dia, dari jumlah 30 persen anggota DPRD yang telah mengajukan kredit tersebut, ada dari anggota DPRD lama yang menjabat lagi dan ada pula yang anggota DPRD yang baru.

Sedangkan dari sisi besaran angka plafon pinjaman yang diajukan, sangat bervariasi mulai dari Rp 100 juta hingga Rp 500 juta.

"Saya hanya membantu secara administrasi saja, berapa nilai besaran uang yang akan di pinjam ke bank oleh anggota DPRD. Kebetulan sekwan sudah ada MOU dengan pihak bank, dan ini sudah legal dan tidak ada masalah, ucap Oslan.

Adapun bank yang biasa menerima pengajuan pinjaman dewan kata Oslan berupa bank milik pemerintah yaitu bank Jabar (bjb) dan bank Jabar Syariah.

Sementara itu dari pihak Bank Jabar sendiri, membenarkan adanya pengajuan pinjaman oleh pihak DPRD kota Tasikmalaya dengan anggunan berupa SK.

" Ya ada anggota dewan yang sudah mengajukan kredit dengan anggunan berupa SK, " Ujar Bagian Maketing Bjb Tasikmalaya Asep Rismansyah," kemarin.

Menurut  Asep, rata-rata kredit yang diajukan oleh anggota dewan tersebut peruntukannya untuk kepentingan renovasi rumah.

" Berdasarkan survey anggota dewan sendiri, pinjaman uang tersebut kebanyakan untuk renovasi rumah," katanya.[son]



Komentar Pembaca
Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

SELASA, 12 NOVEMBER 2019 , 20:09:14

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

SENIN, 11 NOVEMBER 2019 , 17:50:00

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

SABTU, 09 NOVEMBER 2019 , 22:30:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00