KABUPATEN PURWAKARTA

Piloting Sekolah Kader Pengawasan

Politik  KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 00:01:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Piloting Sekolah Kader Pengawasan

Ketua Bawaslu Kabupaten Purwakarta Ujang Abidin/RMOLJabar

RMOLJabar. Rekruitmen dan seleksi calon-calon kader pengawasan hajatan demokrasi. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purwakarta buka pendaftaran piloting sekolah kader pengawasan.

Kegiatan ini meneruskan agenda yang diselengarakan oleh Bawaslu Provinsi Jawa Barat (Jabar). Pembukaan pendaftaran hingga pelaksanaan kegiatan dimulai dari tanggal 10 hingga 29 September 2019.

Ketua Bawaslu Kabupaten Purwakarta, Ujang Abidin mengatakan, peran Bawaslu kabupaten dalam kegiatan ini hanya melakukan perekrutan dan seleksi calon-calon kader pengawasan.

"Hasil seleksi yang terbaik dipilih sebanyak 3 orang. Nantinya akan dikirim langsung ke Bawaslu Jabar untuk mengikuti sekolah kader pengawasan," kata ujang, Rabu (11/9).

Lebih lanjut Ujang mengatakan, dibukanya pendaftaran sekolah pengawasan demokrasi di Bawaslu ini menunjukan bahwa proses demokrasi harus tetap dijaga dan dikuatkan dengan kualifikasi Sumber Daya Manusia (SDM) di masyarakat.

"Kesinambungan ini penting untuk tetap mengawal proses demokrasi dan pemahaman kepemiluan bagi masyarakat secara umum," katanya.

Dia menambahkan, program sekolah kader pengawas pemilu partisispatif bertujuan, pelaksanaan fungsi pendidikan Bawaslu RI, peningkatkan pengawasan partisipatif masyarakat, sarana pendidikan pemilu bagi masyarakat, pembentukan pusat pendidikan Pengawasan Pemilu.

"Yang berkesinambungan bagi masyarakat, menciptakan Kader Pengawasan yang tepat guna, menciptakan kantong-kantong atau simpul-simpul pengawasan di semua lapisan masyarakat yang ada di Indonesia," demikian Ujang Abidin. [yud]



Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad
Latma CT CPX TNI-SAF Berakhir

Latma CT CPX TNI-SAF Berakhir

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 11:18:00