KABUPATEN PANGANDARAN

Dua Fraksi Di DPRD Tak Gunakan Nama Parpol

Politik  KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 03:28:00 WIB | LAPORAN: SYAMSUL ARIFIN

Dua Fraksi Di DPRD Tak Gunakan Nama Parpol

Ketua DPRD Pangandaran sementara Asep Noordin/RMOLJabar

RMOLJabar. Fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pangandaran sudah terbentuk. Namun karena tidak memenuhi ketentuan, empat partai politik (Parpol) tidak menggunakan nama parpol dalam fraksi.

Ketua DPRD Sementara, Asep Noordin menegaskan, pembentukan fraksi merupakan kewajiban pimpinan sementara sebelum ada pimpinan definitif.

"Ya kewajiban pimpinan sementara kan diantaranya memimpin rapat rapat internal, memfasilitasi pembuatan tata tertib Dewan, memfasilitasi pembentukan fraksi dan terakhir fasilitasi pimpinan definitif," tegas Asep, kepada Kantor Berita RMOLJabar, Rabu (11/9).

Terkait siapa pimpinan fraksi kata Asep, tergantung Partai Politik yang menentukan dan susunannya  kemudian diserahkan kepada pimpinan sementara.

"Jumlah keseluruhan fraksi di DPRD Pangandaran ada enam, empat diantaranya menggunakan nama Partai Politik masing masing," imbuh Asep.

Empat partai yang menggunakan nama parpol kata Asep, ada PDIP dengan 15 kursi, Golkar 5 kursi, PKB 5 kursi dan PAN 5 kursi.

"Ketentuan pembentukannya itu minimal ada empat kursi dalam satu fraksi dan ada empat partai yang memiliki kursi di bawah empat," imbuh Asep.

Empat partai tersebut kata Asep, diantaranya Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hanya 3 kursi, Partai Keadilan Sosial (PKS) 3 kursi, Partai Gerindra 3 kursi dan Partai Perindo 1 kursi.

"Ini digabung, masing masing dua Partai, PPP sama Perindo menjadi fraksi persatuan, PKS dan Gerindra menjadi fraksi keadilan Indonesia Raya," papar Asep. [yud]




Komentar Pembaca
Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Celoteh Jokowi Tidak Ada Kebakaran Hutan Faktanya Nol Besar