Pengurus HIPMI Kabupaten Bekasi Resmi Dilantik

Ekbis  JUM'AT, 13 SEPTEMBER 2019 , 05:04:00 WIB | LAPORAN: SEPRIYANTO

Pengurus HIPMI Kabupaten Bekasi Resmi Dilantik

Pelantikan HIPMI Kabupaten Bekasi/RMOLJabar

RMOLJabar. Bertempat di Hotel Cellecton, Jababeka Cikarang, Pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Bekasi resmi dilantik, Kamis (12/9).

Wadah berkumpul para pengusaha muda ini, semulanya masih bergabung dengan HIPMI Bekasi Raya. Pelantikan ini, merupakan kali pertama HIPMI hadir di Kabupaten Bekasi.

Ketua Umum Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI Kabupaten Bekasi, Azmi Robbani mengatakan, sebagai pengusaha muda harus mampu beradaptasi dengan segala perkembangan. Termasuk perkembangan industri 4.0.

Program kerja kita pasti berkaitan dengan perkembangan industri 4.0. Karena kita sebagai pengusaha muda sangat adaptif dengan perkembangan teknologi. Kita harus mengikuti perkembangan agar mampu bersaing,” ungkapnya.

Azmi mengatakan, di tahun pertamanya ini, HIPMI Kabupaten Bekasi akan fokus pada kualitas bisnis dan entepreneur masing-masing pengurus. Sehingga anggota pengusaha muda ini memiliki kapasistas untuk bersaing.

Hampir di seluruh bidang kita ada. Kita punya 10 kabid. Program-program kita juga akan banyak yang berbau kreatif. Jadi diawali dari pendalaman internal,” katanya.

Pengusaha muda di Kabupaten Bekasi, lanjut Azmi, masih ada yang terkendala dalam berbagai urusan di birokrasi. Pihaknya akan beraudiensi dengan instansi terkait untuk mencari solusi.

Ya sejauh ini masih banyak kendala. Kita akan mencari solusinya. Mudah-mudahan dari pendekatan yang kita lakukan memunculkan kebijakan-kebijakan lain,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI Jawa Barat, Jodi Janitra mengatakan, saat ini pengusaha muda di Jawa Barat mulai banyak yang bergelut bisnis startup.

Berdasarkan hasil mapping, kata Jodi, ada lima sektor bisnis startup yang utama di Jawa Barat. Yakni, fashion, kuliner, IT, properti dan event organizer.

Itu lima bisnis utama pengusaha muda di Jawa Barat. Memang kita harus manfaatkan Jawa Barat dengan penduduk yang banyak, dan ekonomi kreatif adalah salah satu sektor yang sangat mendukung pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat,” ungkapnya.

Dari semua sektor itu, Jodi yakin tidak akan ada yang sulit mengikuti perkembangan teknologi. Karena sebagai pengusaha muda harus bisa memanfaatkan teknologi dan perkembangannya.

Mindset kita selalu berpatokan kalau teknologi 4.0 hanya untuk pengusaha di bidang teknologi. Padahal tidak seperti itu. Contohnya saya punya beberapa toko, dan saya bisa memanfaatkan teknologi 4.0 seperti aplikasi untuk absensi karyawan,” jelasnya.

Menurut Jodi, sebagai pengusaha muda harus bangga dengan local wisdom atau kearifan lokal. Namun juga tidak serta merta menolak segala perkembangan.

Itu yang paling penting. Jadi tidak boleh juga menolak inovasi-inovasi terkini,” katanya.

Asisten Daerah Bidang Ekonomi Pembangunan Kabupaten Bekasi, Entah Ismanto mengatakan, pemerintah daerah mendukung penuh HIPMI.

Bentuk dukungannya konkret. Seperti untuk pelantihan-pelatihan, nanti dianggarkan. Untuk perizinan juga kan sudah ada OSS,” katanya.

HIPMI Kabupaten Bekasi saat ini memiliki anggota sebanyak 60 orang. Pengusaha muda ini memiliki bisnis di berbagai sektor. Seperti properti, IT, kuliner dan lainnya.[son]

Komentar Pembaca
Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA