RT Dan RW Jadi 'Juru Tagih' BPJS Kesehatan, Begini Tanggapan Forum RW Bandung

Politik  JUM'AT, 13 SEPTEMBER 2019 , 21:27:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD IRFAN

RT Dan RW Jadi 'Juru Tagih' BPJS Kesehatan, Begini Tanggapan Forum RW Bandung

Robbiana Dani Awalludin/RMOLJabar

RMOLJabar. Meski baru diuji cobakan, penagihan tunggakan BPJS Kesehatan oleh RT dan RW mengundang kontroversi di tengah masyarakat. Forum RW Kota Bandung menyebut mekanisme penagihan iuran BPJS Kesehatan oleh RT dan RW sangat berlebihan.

Ketua Forum RW Kota Bandung Robbiana Dani Awalludin mengatakan, saat ini Forum RW Kota Bandung sedang menjajaki kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

"Di mana para Ketua RW, Ketua RT dan jajaran pengurusnya dapat mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan, dengan pembayaran Rp6.750 per bulan, hal ini tentu cara pembayarannya akan ditagih (ke tiap-tiap pengurus RT dan RW) oleh ketua RW dan atau koordinator di setiap RW atau Kelurahan. Mekanisme ini sangat berbeda dengan penagihan (BPJS Kesehatan) yang dilakukan oleh para ketua RW atau koordinator yg ditunjuk (penagihan ke warga langsung)," kata Robi, Jumat (13/9).

Pihaknya menilai, penagihan iuran BPJS Kesehatan oleh RT dan RW berlebihan. Dia juga mengaku belum menerima informasi lanjutan terkait mekanisme penagihan iuran BPJS kesehatan di mana RT dan RW menjadi 'Juru Tagih' nya.

"Sedangkan untuk menjadi penagih BPJS yang lain, saya kira berlebihan, dan hal ini belum kami terima informasinya," ujarnya.

Meski tak secara eksplisit menyatakan ketidaksetujuan, Robi menilai pihaknya harus melihat terlebih dahulu perjanjiannya seperti apa. Terlebih ketika nantinya kebijakan ini diberlakukan di Kota Bandung.

"Kalau ternyata para Ketua RW berkenan untuk membantu dalam penagihan BPJS, saya kira bagus, tapi belum juga setuju, harus dilihat dulu MoU nya seperti apa," pungkasnya.

Uji coba pelibatan RT dan RW dalam penagihan tunggakan BPJS kesehatan telah dilakukan di Kelurahan Mekarjaya, Depok, Jawa Barat. Kelurahan ini ditetapkan sebagai wilayah uji coba Desa JKN.

Berdasarkan surat edaran Lurah Mekarjaya bernomor 460/121-kemaspel kepada seluruh Ketua RW Kelurahan Mekaryaja tanggal 22 Agustus 2019, kelurahan itu telah meneken nota kesepahaman dengan BPJS Kesehatan Cabang Depok. Dalam nota kesepahaman tersebut dikabarkan mencakup para ketua RW terlibat dalam penagihan tunggakan iuran peserta JKN di sana yang nilainya mencapai Rp9 miliar. [gan]

Komentar Pembaca
Erick Thohir Cocok Jadi Menpora

Erick Thohir Cocok Jadi Menpora

SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 15:25:33

KPK Tangkap Tangan Bupati Indramayu

KPK Tangkap Tangan Bupati Indramayu

SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 13:45:26

Gibran, Pemuda Dengan Tulang Punggung yang Muda Membungkuk
Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad