Penyidik KPK Harus Diisi Orang-Orang Independen

Politik  MINGGU, 15 SEPTEMBER 2019 , 08:01:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD IRFAN

Penyidik KPK Harus Diisi Orang-Orang Independen

Didin Muhafidin/RMOLJabar

RMOLJabar. Bukan hanya butuh pengawas yang independen, orang-orang yang berada di KPK juga harus independen. Dalam Undang-undang, saat ini penyidik KPK harus dari kepolisian dan kejaksaan.

Pakar tata negara sekaligus pengamat kebijakan publik Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Didin Muhafidin mengatakan, selain pengawasan yang independen, orang-orang yang mengisi KPK harus berasal dari lembaga atau profesi independen. 

"Dalam undang-undang sekarang, penyidik harus dari polisi dan kejaksaan. Itu yang gak boleh, memangnya mereka saja yang bisa. Independensinya malah diragukan. Kenapa penyidiknya sipil juga misalnya, sipil pun harus dari orang-orang hukum. Contoh sarjana hukum, orang-orang ahli pidana, pengacara dan akademisi. Ini bukan berarti saya tidak percaya polisi ya. Artinya masyarakat akhir-akhir ini lebih condong dari sipil," kata Didin, Minggu (15/9).

Menurutnya, KPK masih diisi oleh SDM yang berasal dari instrumen yang sarat konflik kepentingan. Maka dari itu, dirinya tidak sepakat bila dalam revisi UU KPK, penyidik atau orang di dalamnya harua diisi dari aparatur sipil negara (ASN)

"Sekarang mayoritas yang ditangkap kan ASN. saya ambil contoh bupati-bupati, kepala daerah, dirjen-dirjen itu diselidiki oleh penyidik (bekas bawahannya) pasti tidak akan beres. Tidak akan berani. Pegawai KPK ya harus independen tadi. Harus menerima (recruitment) sendiri, mereka punya pola (recruitment) sendiri dengan gaji yang lebih tinggi dari polisi, kejaksaan, kehakiman minimal sama. Dengan gaji lebih tinggi mereka kan (dengan sendirinya) akan independen," tandas Didin. [gan]

Komentar Pembaca
Tari Piring dengan Penari Terbanyak

Tari Piring dengan Penari Terbanyak

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 20:51:12

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 09:57:31

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

JUM'AT, 11 OKTOBER 2019 , 16:08:49

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad