Meski Kecewa, Publik Terpaksa Terima Ketua KPK Baru

Politik  MINGGU, 15 SEPTEMBER 2019 , 19:46:00 WIB | LAPORAN: DINNI KAMILANI

Meski Kecewa, Publik Terpaksa Terima Ketua KPK Baru

Dedi Kurnia Syah/RMOLJabar

RMOLJabar. Irjen Firli Bahuri telah terpilih menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023. Firli yang masih menjabat Kapolda Sumatera Selatan ini, terpilih setelah melalui uji kelayakan dan kepatutan sebagai Capim KPK di DPR.

Pengamat Politik Universitas Telkom, yang juga Direktur eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah, menilai ditetapkannya Firli sebagai ketua KPK, merupakan kabar yang kurang baik khususnya bagi Presiden Jokowi.

"Kondisi ini kurang baik karena bisa memicu emosi tidak percaya publik kepada Presiden. Presiden miliki wewenang untuk memilih yang terbaik, tetapi nyatanya hal itu tidak terjadi," ujar Dedi kepada kantor berita RMOLJabar, Minggu (15/9).

Pasalnya, Jokowi dapat memilih calon pimpinan yang dinilai lebih baik dari Firli. Terlebih, saat ini masih hangat penolakan berbagai pihak atas revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002, yang dianggap tidak memihak lembaga anti rasuah tersebut.

"DPR miliki legitimasi memutuskan, sehingga tidak ada pilihan menolak terpilihnya Firli sebagai ketua KPK. Meskipun publik dibuat kecewa dengan keputusan tersebut," ujar Dedi.

Lebih lanjut jika revisi UU KPK benar-benar disahkan, menurut Dedi hal tersebut akan mendegradasi kemampuan KPK dalam menjalankan aktifitas pemberantasan korupsi.

"Kondisi ini menjadikan KPK tidak istimewa, begitupula dengan kasus korupsi, tidak lagi masuk kategori kejahatan luar biasa, melainkan hanya kejahatan pidana biasa, itu yang paling meresahkan," tandasnya.[son]

Komentar Pembaca
Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 22:28:40

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 14:25:41

Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Gunungpati Semarang
Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad