Polisi Upgrading KTL Pasar Jumaah

Hukum  SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 12:21:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Polisi Upgrading KTL Pasar Jumaah

Supervisi Ditlantas Polda Jabar/RMOLJabar

RMOLJabar. Jajaran Satlantas Polres Purwakarta, Polda Jabar dan Pemda Purwakarta lakukan upgrading Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) di Pasar Jumaah, Purwakarta.

Sejak 2011 lalu, Jalan Jenderal Sudirman yang membentang dari pertigaan BTN hingga pertigaan Patung Egrang diketahui telah menjadi Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) di wilayah tersebut.

Fasilitas seperti rambu lalu lintas dan lainnya bakal dilengkapi di jalan sepanjang dua kilometer yang melintasi Pasar Jumaah itu.

"Dua kilometer, sepanjang jalan sudirman masuk dalam kawasan tertib lalu lintas," ujar Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Ricky Adipratama, disela agenda Supervisi Ditlantas Polda Jabar, di bilangan Pasar Jumaah, Purwakarta, Senin (16/9).

Menurutnya, untuk tujuan tersebut diperlukan tindakan tak hanya dari aparat kepolisian, namu ada lima pilar termasuk kesadaran masyarakat dalam berkendara agar KTL bisa terlaksana termasuk target zero accident.

"Semuanya jadi tanggung jawab bersama, bukan hanya lima pilar semata tapi masyarakat pun harus ikut serta mewujudkan," kata Kasat.

Hal yang sama dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purwakarta, Saepudin, bahwa sepanjang Jalur Sudirman akan menjadi KTL di Kabupaten Purwakarta. Pihaknya akan memperbaharui rambu lalu lintas termasuk marka jalan, selain itu optimalisasi petugas di lapangan.

"Kita perbaharui rambu-rambu termasuk pemahaman dan sosilisai kepada masyarakat. Selain itu dibeberapa titik kita juga turunkan petugas dari mulai pagi hari," ujar Kadis.

Polda Jabar Lakukan Supervisi

Di tempat yang sama, Kasi Manajemen OPS Rekayasa Subdit Keamanan dan Keselamatan Ditlantas Polda Jabar, Kompol Eka Permatasari mengatakan hal ini akan menjadi pilot project keselamatan lalu lintas marka dan untuk KTL tertib aman lancar.

Menurutnya, untuk itu perlu adanya peningkatan fasilitas untuk tujuan tersebut, diantaranya rambu-rambu lalu lintas harus diperbaharui. Hal itu menjadi salah satu syarat wajib kawasan tersebut.

"Targetnya yaitu keselamatan dalam berlalu lintas, ini bukan hanya tugas polisi dan lima pilar tetapi untuk seluruh masyarakat. Kalaupun kekurangan disini mungkin perbaiki rambu - rambu," tuturnya.

Pihaknya juga mengapresiasi kebijakan Pemkab Purwakarta, yang menerapkan masuk sekolah jam enam pagi. Yang bisa menjadi alternatif mengurai kemacetan. "Bagus itu kebijakannya, jadi salah satu cara untuk mengurangi kemacetan di jam sibuk orang  yang akan berangkat bekerja," ucapnya.

Diketahui, di Jawa Barat terdapat 22 wilayah di Kabupaten dan Kota. Dimana setiap wilayah sudah memiliki kawasan tertib lalu lintas. "Ada 22 wilayah yang ditentukan, sudah berjalan optimal sejak 2011, harus ada upgrading dan pengecekan untuk wilayah tersebut," demikian Kompol Eka. [yud]


Komentar Pembaca
Tari Piring dengan Penari Terbanyak

Tari Piring dengan Penari Terbanyak

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 20:51:12

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 09:57:31

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

JUM'AT, 11 OKTOBER 2019 , 16:08:49

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad