Label Halal Dihapus, Begini Kata Mendag Enggar

Pemerintahan  SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 14:12:00 WIB | LAPORAN: ALVIN ISKANDAR

Label Halal Dihapus, Begini Kata Mendag Enggar

Mendag Enggartiasto Lukita/RMOLJabar

RMOLJabar. Pasca timbulnya polemik Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) nomor 59 tahun 2019 terkait label halal yang tidak lagi dicantumkan dalam impor produk hewan, Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita angkat bicara.

Dirinya menjamin, daging impor yang masuk ke Indonesia wajib bersertifikat halal.

"Statement saya waktu daging kita kalah di WTO gak usah takut, buka aja, toh dia harus halal, halal bukan daging saja halal, tapi dari ujungnya harus halal, pakannya pun kita periksa halal, ditambah kita cek juga cara motongnya," kata Enggar seusai memberikan kuliah umum di Sespim Polri Lembang, Senin (16/9).

Enggar menerangkan, mengacu pada Undang Undang, persyaratan sertifikasi halal direkomendasikan Kementerian Pertanian (Kementan).

"Jadi kalau kita mencantumkan itu (label halal) overboard (berlebihan), tapi saya daripada timbul segala macam itu, saya sudah koreksi menambahkan itu (sertifikasi halal dari Kementan)," terangnya.

Jaminan produk hewan impor dengan label halal menjadi bagian dari amanat Undang Undang, meski demikian, lanjut dia, sebelum Permendag (nomor 59 tahun 2019) Kemendag telah melakukan pendekatan dan harmonisasi dengan kementerian lembaga membahas perihal tersebut.

"Saya sudah bilang, udah kita masukin, tambah lagi hanya tambah pasal untuk mempertegas (jaminan kehalalan) tapi kalau dalam bahasa hukum overboard itu, disini diatur, disana diatur, semua diatur itu," bebernya.

Walaupun tidak menghalang-halangi produk daging impor, dia menegaskan, sertifikasi halal untuk produk hewan (daging) impor wajib hukumnya meskipun terkadang membuat pelaku impor bingung.

"Pokoknya sertifikat halal wajib dan bahkan ya, kita gak boleh ngelarang impor," tandasnya. [yud]


Komentar Pembaca
Erick Thohir Cocok Jadi Menpora

Erick Thohir Cocok Jadi Menpora

SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 15:25:33

KPK Tangkap Tangan Bupati Indramayu

KPK Tangkap Tangan Bupati Indramayu

SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 13:45:26

Gibran, Pemuda Dengan Tulang Punggung yang Muda Membungkuk
Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad