KABUPATEN PURWAKARTA

Pemuda Dan Penanggulangan Bencana

Pemerintahan  SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 08:35:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Pemuda Dan Penanggulangan Bencana

Pertemuan Kadispora dan Kepala Kadis DamkarPB Purwakarta/RMOLJabar

RMOLJabar. Pemuda diharapkan dapat mempersiapkan dirinya dalam menghadapi bencana. Oleh karena itu, perlu dibangun pemahaman dan kesadaran di kalangan generasi muda dalam mengantisipasi datangnya bencana alam.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Ahmad Arif Imamulhaq disela pertemuan dengan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) Kabupaten Purwakarta Wahyu Wibiesono, Senin (16/9) lalu.

"Pemahaman dan kesadaran pemuda dalam menyikapi bencana sangat penting, baik dalam hal pencegahan maupun penanggulangan bencana. Pemuda sudah seharusnya menjadi bagian dari penyelesai masalah (problem solver) bukan dari pembuat masalah atau masalah itu sendiri," tutur Arif didampingi Abi Jawahir, salah seorang Kasi Kepemudaan Disporaparbud.

Pihaknya mendatangi Dinas Damkar dan PB untuk meminta masukan dan arahan terkait pemberdayaan pemuda dalam hal kebencanaan sekaligus membangun koordinasi lintas sektor demi mempercepat terwujudnya visi Bupati dan Pemerintah Daerah.

Sementara itu, Kadis Damkar dan PB menyampaikan bahwa gagasan Disporaparbud melalui bidang Kepemudaannya merupakan salah satu langkah maju yang perlu didukung, khususnya terkait pemberdayaan potensi generasi muda dalam hal kesiapsiagaan bencana.

"Kami sangat mendukung langkah Disporaparbud melalui bidang kepemudaan ini. Yang penting adanya kesiapan, keterampilan dasar, dan integritas. Karena mau atau siap saja tidak cukup dalam menghadapi bencana. Mesti terukur dan terdata serta kompetensi yang jelas," jelas Wibie ditemani Kasubbag Umum, M. Yakhya.

Menurutnya, saat ini Damkar sudah mendidik dan melatih kurang lebih 248 orang di 4 kecamatan di wilayah Kabupaten Purwakarta.

"Tentu ini jumlah yang belum memadai. Kami berharap setiap pemuda dapat dididik dan dilatih soal kebencanaan ini, paling tidak dapat membantu diri sendiri dan warga masyarakat sekitarnya mencegah maupun penanggulangan bencana dan pasca bencana," demikian Wibie.[son]

Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 14:31:46

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad