KABUPATEN BANDUNG BARAT

Kerap Kesulitan Air Bersih, Kampung Gadog Dibangunkan Sumber Air

Peristiwa  SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 14:41:00 WIB | LAPORAN: ALVIN ISKANDAR

Kerap Kesulitan Air Bersih, Kampung Gadog Dibangunkan Sumber Air

Peresmian Fasilitas Air BErsih di Kampung Gadog Lembang, KBB/RMOLJabar

RMOLJabar. Krisis air bersih akibat kemarau di Kabupaten Bandung Barat semakin meluas. Salah satunya menimpa hampir 104 Kepala Keluarga (KK) di Kampung Gadog RT 04 RW 01, Desa Kayuambon, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Disampaikan Ketua RW 01 Kp. Gadog, Rahmat Mulyana Somantri, sedari berdirinya kampung ini, warga Kp. Gadog seringkali mengalami krisis air. Apalagi kebanyakan warganya yang kalangan menengah bawah tidak memiliki kemampuan ekonomi membuat sumur bor sendiri demi mencukupi kebutuhan air bersih untuk sehari-hari.

"Bertahun-tahun lamanya warga di sini terpaksa mengambil air ke sumber-sumber air. Ada dua sumber air yang masing-masing jaraknya 100 dan 200 meter dari pemukiman warga," ucap Rahmat saat ditemui di Kp. Gadog, Selasa (17/9).

Setiap hari mengambil air bersih, diterangkan dia, bukan tanpa resiko. Pasalnya akses menuju sumber air terbilang terjal dan curam.

"Apalagi di sini banyak anak kecil dan ibu-ibu lansia sehingga riskan. Apalagi kalau musim hujan, tangganya itu licin," imbuhnya.

Rahmat bersyukur, Perwira Sekolah Staf dan Pimpinan Pertama (Sespimma) Sespim Lemdiklat Polri Angkatan 62 Tahun 2019 mengadakan bakti sosial membuat tank penampungan air bersih sekaligus membuat titik sumber air baru untuk dimanfaatkan warga.

"Otomatis warga tidak terlalu jauh mengambil air karena memang dari sumber air sudah didistribusikan ke dua toren (tank penampung air) yang berada di tengah pemukiman warga," ujarnya.

Kepala Sespimma Polri, Brigjen Pol Safril Nursal mengatakan, warga Kp. Gadog yang berada di sekitar Sespim Polri Lembang banyak yang membutuhkan air bersih. Sehingga, Sespimma membantu meringankan bebannya dengan membuatkan dan menyalurkan sumber air bersih untuk dimanfaatkan warga sehari-hari.

"Membangun sumber air di sini supaya masyarakat bisa hidup yang sehat dengan sumber air yang bersih yang dapat dimanfaatkan bersama-sama," ungkapnya.

Safril mengharapkan, perangkat Desa Kayuambon dan Bhabinkamtibmas terus melakukan koordinasi apabila masyarakat masih kekurangan air bersih. Sehingga Sespim bisa menyediakan bantuan baik berupa mesin pompa air, tank penampungan, maupun membuat sumber air.

"Kalau misalnya masih kurang, bisa dibangun (sumber air) di titik lainnya lagi," pungkasnya. [son]


Komentar Pembaca
Tari Piring dengan Penari Terbanyak

Tari Piring dengan Penari Terbanyak

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 20:51:12

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 09:57:31

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

JUM'AT, 11 OKTOBER 2019 , 16:08:49

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad