Soal Pembahasan Tatib, Ini Usulan Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Bekasi

Politik  SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 16:41:00 WIB | LAPORAN: SEPRIYANTO

Soal Pembahasan Tatib, Ini Usulan Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Bekasi

Kardin/RMOLJabar

RMOLJabar. DPRD Kabupaten Bekasi tengah membentuk tim pembahasan rancangan peraturan DPRD tentang Tata Tertib 2019-2024 dalam paripurna yang digelar di ruang rapat utama DPRD Kabupaten Bekasi, kemarin.

Sebelum dilakukan pembahasan, tim tersebut juga meminta usulan fraksi-fraksi untuk dimasukkan kedalam tata tertib DPRD Kabupaten Bekasi.

Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Bekasi, Kardin menyebutkan, sedikitnya ada dua masukan yang bakal diusulkan kepada tim tersebut, yakni sosialisasi perda dan kode etik.

"Kita dengan teman-teman akan berikan masukannya kaitan masalah sosialisasi perda, karena sejauh ini orang gak pernah tahu perda apa yang sudah kita hasilkan," ungkapnya, Selasa (17/9).

"Selama ini harusnya kabag hukum yang soliasiasi, kabag hukum nggak, kita juga nggak. Karena gak ada aturannya jadi nanti dipembahasan tatib kita usul ada semacam sosialisasi perda," imbuhnya.

Sosialisasi ini, kata dia, merupakan upaya yang dilakukan agar masyarakat tahu. Karena dalam perda tersebut, pasti ada larangan, kewajiban dan hak. Ini yang rencananya ia masukkan dalam tatib tersebut.

"Apakah teman-teman setuju atau tidak. Nanti sosialisasi tersebut bisa dimasukkan bersama dengan reses, ataupun secara terpisah, makanya perlu dilakukan dalam tatib supaya ada landasannya," ungkap dia.

Selain itu, ia juga menyoroti soal kode etik. Menurutnya pada tata tertib sebelumnya, kode etik tersebut tidak dijabarkan secara lengkap. Untuk itu, maka perlu dijelaskan secara detail di sana.

"Di tatib sebelumnya hanya satu pasal saja dan satu kalimat saja yang membahas kode etik. Memang dijaman ketuanya almarhum Sarbini pernah ada, tapi belum jelas juga seperti apa. Kalaupun ada, mungkin perlu diperbaharui, sebab mungkin saja sudah tidak relevan dengan yang sekarang karena kode etik itu jadi referensi Badan Kehormatan," bebernya.

Kemudian, terdapat sejumlah usulan lain yang belum dirampungkan karena masih menunggu usulan dari DPD Partai Golkar. Pasalnya, mungkin saja akan ada masukan yang bisa diakomodir Fraksi Golkar di DPRD. [gan]

Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 14:31:46

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad