KABUPATEN BANDUNG BARAT

Pedagang Oleh-Oleh Citatah Tidak Berdaya, Api Melahap Habis Perjuangannya

Peristiwa  SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 17:32:00 WIB | LAPORAN: ALVIN ISKANDAR

Pedagang Oleh-Oleh Citatah Tidak Berdaya, Api Melahap Habis Perjuangannya

Sisa puing bangunan kios oleh-oleh/RMOLJabar

RMOLJabar. Terbakarnya sembilan kios oleh-oleh di Jalan Raya Citatah, Kampung Tagogmunding, Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, menjadi pengalaman pilu bagi para pedagang.

Bagaimana tidak, kobaran api yang terus membesar tidak hanya melahap bangunan, tetapi melahap habis seisi kios tanpa satu pun yang bisa terselamatkan.

Peristiwa kebakaran sendiri terjadi pada Senin (16/9) malam. Beruntung, tidak ada korban jiwa meskipun kerugian materi sangat besar yakni, mencapai Rp2 miliar.

Salah seorang pedagang yang telah berjualan 10 tahun terakhir ini, Siti Aisyah (44) menyampaikan, kebakaran Senin (16/9) malam tadi telah membakar habis seluruh barang dagangannya. Bahkan, uang senilai Rp10 juta yang rencananya akan disetor ke bank turut raib dilahap si jago merah.

"Sedikit juga enggak ada yang terselamatkan, semua udah terbakar. Uang setoran ke bank dan untuk belanja barang dagangan juga ikut kebakar semua," ungkap Siti, Selasa (17/9).

Dengan tidak tersisanya bangunan beserta seluruh isinya, dia mengakui, kerugian mencapai Rp100 juta. Dengan demikian, saat ini dirinya sangat kebingungan sehingga lebih memilih menenangkan diri di kediamannya.

"Mungkin, sementara saya berhenti jualan, soalnya modalnya habis," keluhnya.

Pedagang yang bernasib sama, Ade Jalaludin menyebutkan, akibat dari kebakaran dirinya mengalami kerugian Rp300 juta. Pasalnya, untuk modal dagangannya saja dirinya menghabiskan biaya Rp100 juta. Ditambah bangunan dan isinya.

"Ya, kerugian bisa sampai Rp100 juta, belum ditambah dengan bangunan yang sudah rata dengan tanah," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran Bandung Barat, Nanan Sunandar memaparkan, terdapat sembilan kios yang digunakan untuk berjualan sekaligus dijadikan tempat tinggal para pedagang ludes terbakar.

Upaya yang dilakukan, tambah dia, pemadam kebakaran telah mengerahkan dua unit mobil pancar, dua unit water suplai, satu unit mobil rescue dan 1 ambulance dari relawan. Sehingga pada pukul 21.00 WIB kobaran api bisa dipadamkan.

"Tidak ada korban jiwa, ya, tapi di sini kami sempat kesulitan mencari sumber air dan kendala lalu lintas yang cukup padat. Kami masih dalami penyebab kebakaran tadi malam," tukasnya. [gan]


Komentar Pembaca
Tari Piring dengan Penari Terbanyak

Tari Piring dengan Penari Terbanyak

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 20:51:12

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 09:57:31

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

JUM'AT, 11 OKTOBER 2019 , 16:08:49

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad