Jelang Pilkades Serentak, Disdukcapil Garut Mulai Dipadati Balon Kades

Pemerintahan  SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 20:45:00 WIB | LAPORAN: RONI HIDAYAT

Jelang Pilkades Serentak, Disdukcapil Garut Mulai Dipadati Balon Kades

Disdukcapil Garut/RMOLJabar

RMOLJabar. Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Garut yang akan dilaksanakan di 125 desa. Para bakal calon Kepala Desa saat ini sudah mulai mengurusi persyaratan. Di antaranya mempersiapkan identitas diri, kesehatan dokter, keterangan dari pengadilan, BNNK dan SKCK Polres.

"Sampai dengan saat ini disdukcapil sudah melayani 657 orang Balon Kades, yang datang untuk mengurus administrasi kependudukan, mulai Kartu Keluarga, e-KTP dan Akta Kelahiran untuk mendapatkan legalisir pengesahan dari Disdukcapil," ucap Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Garut, H Rina Siti Sabariyah saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (17/9).

Rina didampingi Kepala Bidang Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Disdukcapil Garut, Pepi Tresnawati, juga menuturkan selain menjadi salah satu kepanitiaan dalam pelaksaanaan pilkades serentak Gelombang III. Disdukcapil diminta terfokus pada teknis, yang kewenangannya dalam hal legalisasi kependudukan dan pengecekan penyesuaian data bagi para Balon Kades, yang masih banyak para balon kades belum mengapdate identitasnya.

"Selama ini mereka punya KK tapi masih yang lama, nah ini kami bantu dibuatkan KK baru. Namun kalau untuk e-KTP karena kondisi blanko yang kosong, kami terbitkan dulu Surat Keterangan atau Suket," terang Rina.

Rina juga menegaskan, pelayanan para balon tidak dipungut biaya apapun.

"Kalau ada staf kami, atau yang membawa kolektif minta pungutan untuk bayar ke Disdukcapil, laporkan ke saya," tandasnya. [gan]

Komentar Pembaca
Erick Thohir Cocok Jadi Menpora

Erick Thohir Cocok Jadi Menpora

SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 15:25:33

KPK Tangkap Tangan Bupati Indramayu

KPK Tangkap Tangan Bupati Indramayu

SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 13:45:26

Gibran, Pemuda Dengan Tulang Punggung yang Muda Membungkuk
Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad