Politisi Golkar Setuju Nama Bandara Kertajati Diganti BJ Habibie

Politik  SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 21:01:00 WIB | LAPORAN: DINNI KAMILANI

Politisi Golkar Setuju Nama Bandara Kertajati Diganti BJ Habibie

Yod Mintaraga/RMOLJabar

RMOLJabar. Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) Yod Mintaraga mengaku setuju atas usulan masyarakat yang mengingakan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, berganti nama menjadi Bandara B.J Habibie.

"Kalau saya secara pribadi, saya setuju-setuju saja Bandara Kertajati menjadi B.J Habibie. B.J Habibie sosok anak bangsa yang sangat luar biasa, dia sudah memberikan pemikirannya yang luar biasa sehingga Indonesia dalam bidangnya menjadi terkenal, kesimpulan sudah berjasa," tutur Yod di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Bandung, Selasa (17/9).

Namun layaknya orang tua yang akan memberikan nama pada anaknya, terlebih dahulu melakukan musyawarah atau berembuk. Begitu halnya dalam pemerintahan. 

"Harus kuat alasan-alasan yang menjadi latar belakangnya. saya setuju-setuju saja. Tetapi bukan asal setuju, justifikasinya harus kuat. Pertama kenapa diganti dengan B.J Habibie, dulu kenapa dinamakan BIJB, kita itu punya 48 juta penduduk terdiri dari 27 kota/kabupaten, tiap kota/kabupaten punya historis masing-masing," ujarnya.

Lebih jauh, Yod tidak mempermasalahkan sosok Habibie yang bukan orang Jawa Barat. Menurutnya, nama Juanda saja yang berasal dari Sunda dipakai di Jawa Timur. Terlebih semasa hidupnya Bandung yang notabene Ibu Kota Jabar sangat melekat dalam kehidupan B.J Habibie, mulai dari perjalanan masa remajanya yang sekolah di Bandung sampai dengan karirnya yang turut membangun PT. Dirgantara Indonesia.

"Selanjutnya jika argumentasi sudah kuat, berdasarkan kajian yang melibatkan berbagai pihak, kenapa tidak. Bagi saya tidak keberatan tetapi harus melalui sebuah kajian yang komprehensif dari berbagai aspek, jangan sampai ada yang merasa tersinggung," tandasnya.

Diketahui, Petisi dengan judul "Mengganti nama Bandara BIJB Kertajati menjadi Bandara BJ Habibie" telah ditandatangani ratusan orang. Petisi yang diinisiasi oleh akun bernama Ihsan Joe pada 12 September 2019 lalu itu ditujukan kepada Presiden RI Joko Widodo dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil. [gan]


Komentar Pembaca
Bunga untuk Veronica Tan

Bunga untuk Veronica Tan

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 17:00:04

Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA