Bangun Iklim Akrab, Perwira Sespimma Lembang Gelar Baksos

Sosial  RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 00:34:00 WIB | LAPORAN: ALVIN ISKANDAR

Bangun Iklim Akrab, Perwira Sespimma Lembang Gelar Baksos

Perwira Sespimma Lembang gelar baksos/RMOLJabar

RMOLJabar. Perwira Sekolah Staf dan Pimpinan Pertama (Sespimma) Sespim Lemdiklat Polri Angkatan 62 Tahun 2019 melaksanakan bakti sosial (baksos) di Kampung Gadog RT 04 RW 01, Desa Kayuambon, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (17/9).

Kegiatan sosial ini dilaksanakan sebagai perwujudan membangun kecerdasan sosial di tubuh Perwira Polri.

Kepala Sespimma Polri, Brigjen Pol Safril Nursal mengatakan, proses belajar mengajar Sespimma terdapat program Neuro Associative Conditioning (NAC) untuk membangun kesadaran sosial. Melalui program ini, para perwira menunjukkan kecerdasan sosial dan berlatih untuk peka terhadap lingkungan.

"Jadi kita ingin membangun kepekaan, sensitivitas seorang perwira terhadap lingkungan karena mereka-mereka ini pengayom, pelindung, dan pelayan masyarakat," kata Safril di Kampung Gadog-Lembang.

Adapun baksos yang dilaksanakan, dia menerangkan, bukan untuk kali pertama Perwira Sespimma setelah satu setengah tahun ada di Lembang dan sudah memiliki tiga angkatan melaksanakan bakti sosial.

"Dua angkatan sebelumnya mengadakan baksos di bawah Gunung Putri - Lembang, yang sekarang sengaja bakti sosial diadakan di sekitar Sespim," ujarnya.

Bentuk baksos sendiri merupakan bantuan rehabilitasi rumah warga yang tidak layak huni dan juga bantuan penyediaan sumber air untuk dimanfaatkan masyarakat yang mengalami kesulitan mendapatkan sumber air.

Melalui baksos dapat menciptakan iklim akrab di antara Polri dengan masyarakat. Di samping itu, lanjut dia, dengan bakti sosial selain berkontribusi langsung kepada masyarakat, keberadaan Sespim pun tidak ekslusif karena Sespim menjadi bagian dari masyarakat begitu pun sebaliknya.

Setelah menempuh pendidikan di Sespimma, dia memaparkan, para Perwira Polri akan diproyeksikan menjadi Kapolsek, menjadi Kasat, menjadi Kabag, sampai dengan jabatan Wakapolres atau jabatan-jabatan yang setara dengan tingkat itu di Polda.

"Mereka itu akan bersentuhan dengan masyarakat jadi diharapkan perwira-perwira ini menjadi perwira yang hebat yang dapat memberikan pengayoman, perlindungan, dan pelayanan kepada masyarakat," tandasnya. [yud]


Komentar Pembaca