Perkembangan BUMDes Di Purwakarta

Pemerintahan  RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 09:51:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Perkembangan BUMDes Di Purwakarta

Pengumuman lomba Bumdesa/RMOLJabar

RMOLJabar. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta tetapkan Juara Lomba Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tingkat Kabupaten Purwakarta tahun 2019.

BUMDes yang menjadi juara, yaitu Juara 1 Pangkalan Tandang, Juara 2 Panjunan Mandiri Sejahtera, Juara 3 Sugih Anugerah dan Juara Harapan 1 diraih BUMDes Cimatra.

Hal tersebut diketahui saat acara pengumuman dan penyerahan hadiah Juara Lomba Bumdesa yang dilaksanakan di Aula Janaka, kompleks Pemkab Purwakarta, Selasa (17/9) kemarin.

"Dari 16 Bumdesa yang mengikuti lomba, ada 4 yang menjadi juara, dan berhak mendapatkan uang pembinaan serta piagam penghargaan," kata Kepala DPMD Purwakarta melalui Kabid Pemberdayaan Ekonomi Desa, Asep Suparman.

Asep mengungkapkan, tahun 2017, di 183 desa di Purwakarta seluruhnya memiliki Bumdesa. Setelah dilakukan monitoring, ada sekitar 80-an Bumdesa yang masih berjalan.

Namun dalam pelaksanaan lomba Bumdesa tingkat Kabupaten Purwakarta yang belum lama ini dilaksanakan, hanya 16 Bumdesa yang bisa mengikuti lomba.

"Secara administrasi hanya 16 Bumdesa yang bisa ikut lomba kemarin, dan terpilih 4 Bumdesa sebagai juara lomba," jelas Asep.

Secara keseluruhan ujar Asep, pihak DPMD Purwakarta mengapresiasi atas semangat, kinerja, dan prestasi yang telah dihasilkan oleh seluruh Bumdesa peserta lomba.

Asep juga mendorong kepada Bumdesa yang di Purwakarta untuk terus berkreasi dan melakukan inovasi untuk membina serta membantu masyarakat.

"Bumdesa juga diharapkan dapat mewujudkan mimpi masyarakat yakni menuju kesejahteraan dan kemakmuran desa," harap Asep.

Sementara itu, salah satu Juri Lomba Bumdesa tingkat Kabupaten Purwakarta tahun 2019, Riana A. Wangsadiredja menjelaskan, dalam lomba Bumdesa yang belum lama ini dilaksanakan, tim juri melakukan penilaian dari empat indikator dasar sebuah bisnis dijalankan.

Indikator tersebut yakni, aspek regulasi, aspek usaha/produktivitas, aspek manajemen/tata kelola, serta aspek pemberdayaan sebagai semangat pembentukan Bumdesa sesuai Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

"Dari perlombaan Bumdesa, para juri mendapatkan beberapa catatan penting bagi perbaikan dan peningkatan kegiatan bisnis Bumdesa-Bumdesa di Purwakarta, khususnya yang menjadi peserta Lomba Bumdesa tahun 2109," jelas Riana.

Adapun keputusan Juara Lomba Bumdesa tingkat Kabupaten Purwakarta tahun 2019, sesuai dengan Surat Keputusan Kepala DPMD Kabupaten Purwakarta Nomor 147/104/DPMD/2019.

"Kepada Bumdesa yang meraih Juara 1 berhak mewakili Kabupaten Purwakarta dalam Lomba Bumdesa tingkat Propinsi Jawa Barat tahun 2019," ujar Riana. [gan]


Komentar Pembaca
Erick Thohir Cocok Jadi Menpora

Erick Thohir Cocok Jadi Menpora

SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 15:25:33

KPK Tangkap Tangan Bupati Indramayu

KPK Tangkap Tangan Bupati Indramayu

SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 13:45:26

Gibran, Pemuda Dengan Tulang Punggung yang Muda Membungkuk
Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad