Revisi UU KPK Diketok Palu, Akademisi Harus Dapat Porsi Lebih Besar Di Lembaga Antirasuah

Politik  RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 10:26:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD IRFAN

Revisi UU KPK Diketok Palu, Akademisi Harus Dapat Porsi Lebih Besar Di Lembaga Antirasuah

Dr Dudang Gojhali/RMOLJabar

RMOLJabar. DPR telah 'ketok palu' revisi UU KPK. Penolakan mengalir deras pada pemerintah dan wakil rakyat yang dinilai terburu- buru mensahkan revisi UU yang kontroversi ini. Ada sinyal UU ini akan mendapat perlawanan ditingkat MK melalui uji materi.

Akademisi UIN Bandung, Dr Dudang Gojhali mengatakan, revisi merupakan keharusan karena adanya dinamika yang terjadi sejak lembaga antirasuah itu didirikan 17 tahun lalu.

"Tentang revisi itu sendiri, itu bagi saya keharusan, kebutuhan ya karena perkembangan dunia dan masalah terus berkembang hingga revisi itu sesuatu yang biasa sesungguhnya. Apalagi perkembangan tentang soal KPK ada hal yang dianggap dievaluasi oleh publik ada sisi lemah, misalnya soal sisi pengawasan sp3 dan seterusnya. Revisi itu tidak boleh dianggap sesuatu yang tabu gitu," kata Dudang kepada Kantor Berita RMOLJabar, Rabu (18/9).

Pasca disahkannya revisi UU KPK ini, dirinya berharap akademisi diberikan porsi yang lebih besar untuk dapat duduk di KPK. Termasuk di dalam lembaga pengawas KPK.

"Pengawasan sesuatu juga yang penting dalam proses penegakkan hukum, karena setiap kita butuh pengawas. Saya lebih setuju pengawasan lebih diarahkan kepada kelompok akademisi sebenernya. Karena hari ini suara akademisi dalam ruang bernegara hanya terbatas. Hari ini harus ada akademisi, lembaga akademisi, lembaga akademisi yang sekarang powerful itu misalnya forum rektor gitu, forum guru besar atau asosiasi-asosiasi dosen yang menggeluti bidang hukum di dalamnya, biasanya lebih mengedepankan bahwa pentingnya pengawasan. Pengawasnya harus independen gitu. Tidak harus legislatif," ujar Dudang. [gan]

Komentar Pembaca
Erick Thohir Cocok Jadi Menpora

Erick Thohir Cocok Jadi Menpora

SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 15:25:33

KPK Tangkap Tangan Bupati Indramayu

KPK Tangkap Tangan Bupati Indramayu

SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 13:45:26

Gibran, Pemuda Dengan Tulang Punggung yang Muda Membungkuk
Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad