KABUPATEN BANDUNG

Bawaslu Ajak Semua Elemen Bersinergi Sambut Pilkada 2020

Politik  KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 00:30:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Bawaslu Ajak Semua Elemen Bersinergi Sambut Pilkada 2020

Bawaslu Kabupaten Bandung/RMOLJabar

RMOLJabar. Bawaslu Kabupaten Bandung mengajak semua elemen di wilayahnya, termasuk kalangan partai politik bersinergi menyambut Pilkada 2020 mendatang.

Ajakan tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung Januar Solehuddin usai menerima kunjungan pengurus DPC PDI P Kabupaten Bandung, Soreang, Rabu (18/9).

Januar menuturkan, dalam hal pengawasan terhadap segala bentuk pelanggaran pada pelaksanaan pesta demokrasi termasuk di Pilkada bukan hanya kewajiban Bawaslu.

"Keaktifan masyarakat dan peserta Pilkada juga memiliki peran penting. Salah satunya agar segala pelanggaran saat pelaksanaan Pilkada nanti tidak terjadi," ungkap Januar.

Januar pun sangat berharap peran partai politik sebagai satu komponen yang ikut ambil bagian dalam ajang penyelanggaraan Pemilu hadir memberikan pendidikan politik.

"Tak hanya pendidikan politik, sosialisasi, lalu pencegahan pelanggaran di kontestasi pemilihan umum tentu dibutuhkan parpol dan juga partisipasi masyarakat," kata dia.

Januar juga mengapresiasi langkah PDI P Kabupaten Bandung yang berinisiatif menjalin komunikasi tentang persiapan menghadapi Pilkada dengan Bawaslu.

Menurutnya, masukan-masukan fan saran yang diberikan kepada Bawaslu akan dijadikan sebagai evaluasi agar kinerja Bawaslu kedepan semakin lebih baik.

"Kami juga sampaikan tadi beberapa aturan ke mereka (PDIP). Seperti apa yang jadi larangan saat kampanye, bagaimana penindakan pelanggaran, penyelesaian senggketa dan lain sebagainya sesuai aturan yang ada. Karena masih banyak peserta Pemilu yang belum mengetahui aturan, terutama aturan penindakan pelanggarannya," pungkas Januar. [yud]

Komentar Pembaca
Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00