Bonus Demografi Tiba, Pemerintah Harus Siapkan Lapangan Kerja

Ragam  SABTU, 21 SEPTEMBER 2019 , 05:41:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Bonus Demografi Tiba, Pemerintah Harus Siapkan Lapangan Kerja

Ilustrasi/Net

RMOLJabar. Tahun 2024 usia produktif di Indonesia akan mencapai puncak. Saat bonus demografi tiba, kesiapan dan membuka lapangan kerja menjadi tanggungjawab pemerintah. Bila tidak, jumlah pengangguran kian bertambah.

Saat ini Indonesia telah memasuki population ageing dan telah menjadi kerangka kependudukan dan pembangunan yang menempatkan penduduk sebagai sumber utama pada pertumbuhan ekonomi.

"Untuk mencapai itu, diperlukan persiapan sejak sekarang agar bonus demografi tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal. Hal ini mengingat setelah tahap ini Indonesia mengalami transisi demografi yakni penurunan fertilitas dan mortalitas dalam jangka panjang," ucap Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Pur) Agus Widjojo di Jakarta, Kamis (19/9).

Menurut Agus, bonus demografi atau usia produktif kini telah lebih banyak dibanding usia non-produktif. Sehingga, pemerintah harus membuka lapangan kerja yang banyak agar bonus demografi tersebut tidak menjadi beban.

"Mamun lapangan kerja menuntut SDM (Sumber Daya Manusia) yang bermutu agar hasil produksinya berdaya saing dengan produk dari luar negeri,” kata Agus.

Sedangkan untuk mewujudkan SDM yang unggul tambah Agus, diperlukan infrastruktur melalui pendidikan yang dapat menunjuk dapat terwujudnya SDM yang berkualitas.

Namun, SDM yang berkualitas juga sangat tergantung pada tingkat kesehatan SDM Indonesia. Jika kedua syarat tersebut dipenuhi, maka pemerintah tinggal membentuk karakter SDM unggul Indonesia.

Bonus demografi tidak diperoleh secara otomatis, tetapi memerlukan prasyarat, dan prasyarat utamanya adalah tersedianya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing, sehingga harus diupayakan dan diraih dengan arah kebijakan yang tepat," jelasnya.

Kebijakan yang dimaksud ialah bagaimana menangkap peluang bonus demografi secara spesifik dari yang telah dituangkan dalam buku I Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019

"Dalam RPJMN tersebut, dinyatakan bahwa pembangunan manusia merupakan salah satu dimensi penting dari tiga dimensi pembangunan, selain dimensi pembangunan sektor unggulan, dan dimensi pemerataan dan kewilayahan. Artinya berbagai kebijakan, strategi, target dan sasaran telah ditetapkan dalam pembangunan untuk meningkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing, sebagai prasyarat utama dalam memanfaatkan peluang bonus demografi," paparnya.

Karena kata Agus, seluruh rencana pembangunan SDM unggul terkait dengan bonus demografi berujung pada sejauh mana Ketahanan Nasional dapat terwujud melalui bonus demografi.

"Pertanyaannya mendasar sebagai lanjutan adalah, jika bonus demografi tidak dapat dimanfaatkan, ancaman dan tantangan apa yang akan dihadapi ketahanan nasional?," tegasnya.

Dengan demikian, pertanyaan itu dibahas pada acara Seminar dengan tema Pengembangan SDM Unggul Untuk Memanfaatkan Peluang Bonus Demografi Menju Indonesia Maju pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024” yang diselenggarakan Jumat (20/9).

Seminar nasional yang diadakan di Gedung Dwi Warna, Lemhannas RI akan menghadirkan sebagai pembicara ialah Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasion Bambang P.S. Brodjonegoro (Keynote Speaker), Puan Maharani Nakshatra Kusyala (Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan), Muhajir Effendy (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan), Muhammad Hanif Dhakiri (Menteri Ketenagakerjaan), Nila Djuwita F. Moeloek, (Menteri Kesehatan), Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Wahidin Halim (Gubernur Banten) dan Victor Bungtilu Laiskodat (Gubernur Nusa Tenggara Timur).[yls]

Komentar Pembaca
Pencuri di Semarang Hanya Butuh 10 Detik Gasak Motor
PKS Konsisten Oposisi

PKS Konsisten Oposisi

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 14:43:03

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad