JAWA BARAT

Gerindra: Pencoretan Ervin Luthfi Dari Anggota DPR RI Terpilih Untuk Patuhi Amar Putusan Pengadilan

Politik  SABTU, 21 SEPTEMBER 2019 , 10:49:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD IRFAN

Gerindra: Pencoretan Ervin Luthfi  Dari Anggota DPR RI Terpilih Untuk Patuhi Amar Putusan Pengadilan

Ilustrasi/net

RMOLJabar. Kabar tersiar, Ervin Luthfi dicoret namanya dari calon anggota legislatif terpilih oleh partai DPP Partai Gerindra. Kader - kader Gerindra pun angkat bicara.

Ketua DPC Garut Partai Gerindra, Enan mengatakan, dirinya tidak bisa berkomentar banyak terkait kabar ini.

"Saya tidak bisa berkomentar banyak ya, itu ranah DPP. Saya juga belum crosscek ke DPP karena hari libur," kata Enan pada kantor berita RMOLJabar, Sabtu, (21/9).

Sementara itu, Syam Yosep, pengurus partai Gerindra sempat berkelit ketika dimintakan konfirmasi, kendati akhirnya membenarkan kabar itu.

"Ya benar dicoret, diganti Mulan Jameela. Tapi seharusnya ketua DPC ya yang bicara lebih lanjut soal itu. Dilematis sebenarnya , justru ketika amar putusan pengadilan tidak dipatuhi, partai Gerindra juga akan di cap sebagai tidak patuh pada hukum, " kata Syam.

Syam juga menegaskan dicoretnya Ervin tidak semata karena alasan politis, namun merupakan bentuk kepatuhan hukum dari Partai besutan Prabowo Subianto itu.

"Justru karena Gerindra patuh pada hukum. Pendapat saya pribadi ya, ini ada hubungannya dengan adanya gugatan dari 8 caleg, bukan dapil Garut saja, tapi dari beberapa Dapil, termasuk keponakan Pak Prabowo. Tapi keponakan pak Prabowo mancabut gugatannya, tapi yang lain maju, salah satunya Mulan jameela," tuturnya.

Disebutkan Syam, gugatan tersebut didaftarkan di pengadilan negeri Jakarta Selatan dengan nomor perkara 520/pdtsus/parpol/2019 /PN.Jkt.sel. Pihak penggugatnya para Caleg, pihak tergugat satu DPP Partai Gerindra dan tergugat dua KPU.

"Salah satu amar putusannya mengabulkan gugatan penggugat, jadi setuju dengan dalil penggugat bahwa DPP berhak menentukan dan menetapkan calon terpilih apabila suara partai lebih besar dari suara caleg tersebut. Dalil itu yang dikabulkannya, poin pentingnya," terang Syam.

"Pertanyaannya kenapa tidak Fakhrurozi ( peraih suara terbanyak kedua setelah Ervin), karena Fakhrurozi tidak menjadi penggugat. karena Mulan Jameela yang menggugatnya, pengadilan memutuskan mengabulkan gugatan penggugat, Fakhrurozi bukan penggugat," lanjutnya.

Syam kembalimnegaskan bila Partai Gerindra hanya menjalankan amar putusan, bukan karena ada masalah dengan Ervin.

"Semata - mata hanya itu, tidak ada masalah lain, bukan masalah politis, tidak ada masalah antara partai dengan Ervin, " kata Syam.

Untuk diketahui, Ervin Luthfi merupakan Caleg DPR RI asal partai Gerindra nomor urut 6 dari Dapil Jawa Barat XI ( Garut, Kota Tasik,Kabupaten Tasikmalaya). Ervin meraih suara 33.938 di Dapil ini. Ervin juga berhasil menempati posisi ketiga terbanyak. setelah Muhammad Husein Fadlulloh dan Subarna.  

Sedang Mulan Jameela, berada di peringkat ke 5 dengan perolehan 24.192. Sedang berdasarkan hasil penghitungan suara keseluruhan partai dan caleg di KPU, Gerindra mendapat jatah 3 kursi di Dapil ini.   Hingga berita ini diturunkan, pengurus Partai Gerindra pusat ketika dihubungi belum menjawab konfirmasi terkait kabar ini.[son]

Komentar Pembaca
Tari Piring dengan Penari Terbanyak

Tari Piring dengan Penari Terbanyak

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 20:51:12

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 09:57:31

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

JUM'AT, 11 OKTOBER 2019 , 16:08:49

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad