Sasaran TMMD 106 Kodim 0619 Purwakarta

Sosial  SABTU, 21 SEPTEMBER 2019 , 17:23:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Sasaran TMMD 106 Kodim 0619 Purwakarta

TMMD 106 Kodim 0619 Purwakarta/RMOLJabar

RMOLJabar. Selain pembangunan sejumlah infrastruktur. Pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 yang digelar Kodim 0619 Purwakarta pada tahun ini juga menyasar pembangunan non fisik.

Dandim 0619 Purwakarta, Letkol Arh Yogi Nugroho mengatakan, sasaran pembangunan non fisik yang dilaksanakan pada TMMD 106  diantaranya adalah; sunatan massal, pelayana KB gratis, pengobatan gratis, pembuatan KTP, KK hingga perpanjangan SIM.

"Semua kita koordinasikan dengan lintas sektoral, baik dengan Pemda maupun dengan Kepolisian. Ada juga berbagai penyuluhan yang akan dilaksanakan, seperti penyuluhan bela negara, kesehatan, pertanian, hukum serta penyuluhan lainnya yang diperuntukan bagi pelajar dan orang dewasa di lokasi TMMD," ujar Letkol Yogi kepada Kantor Berita RMOLJabar, Sabtu (21/9) di Purwakarta.

Lokasi yang dijadikan sasaran TMMD ke 106 adalah Desa Cisaat Kecamatan Campaka. Untuk sasaran pembangunan fisik, pada TMMD yang akan dimulai pada awal Oktober ini. dibagi menjadi dua, yaitu sasaran pokok dan sasaran tambahan.

"Salah satu sasaran pembangunan fisiknya yaitu membangun jalan penghubung antar desa yang terhubung dengan perbatasan Kabupaten Purwakarta dan Subang," tuturnya.

TMMD 106 akan melakukan pembangunan rabat beton sepanjang 650 meter dengan lebar 4 meter dari Desa Cisaat ke Desa Ciparungsari. Kemudian pembuatan gorong-gorong dua unit dengan panjang 6 meter. Ada juga pembuatan saluran pasangan sepanjang 150 meter dan pembangunan tembok penahan tanah sepanjang 100 meter.

"Sementara, untuk sasaran tambahan yaitu, rehab rutilahu sebanyak 5 unit, rehab musola dan melakukan rehab pos kamling," kata Dandim.

Terkait hal diatas, warga Desa Cisaat, Kecamatan Campaka menyambut gembira pelaksanaan TMMD 106 yang dilaksanakan Kodim 0619 Purwakarta. Menurut warga, dengan adanya program TMMD akan memberikan dampak positif bagi masyarakat yang berada di wilayah tersebut.

"Kita sebagai warga merasa senang, karena desa kita menjadi lokasi TMMD ke 106. TMMD akan memberikan dampak positif dan perubahan yang baik bagi warga disini," kata Arpan, salah satu warga Desa Cisaat.

Ia menuturkan, pembangunan jalan yang akan dilakukan TNI dalam program TMMD ke 106 akan mempermudah akses jalan yang selama ini jalan tersebut susah untuk dilalui karena kondisi yang tidak layak.

Selain itu, sejumlah pelayanan publik yang nantinya dilakukan dalam TMMD 106 akan mempermudah warga dalam hal mengurus administrasi seperti KK, KTP dan SIM.

"Untuk penyuluhan kebangsaan dan penyuluhan lainnya bagi warga, diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan dan makin menegaskan kecintaan warga kepada NKRI," demikian Arpan. [yud]

Komentar Pembaca