Berubah Formasi, Begini Komposisi AKD DPRD Pangandaran

Politik  SABTU, 21 SEPTEMBER 2019 , 21:31:00 WIB | LAPORAN: SYAMSUL ARIFIN

Berubah Formasi, Begini Komposisi AKD DPRD Pangandaran

Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Asep Noordin/RMOLJabar

RMOLJabar. Hasil musyawarah mufakat yang dilakukan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pangandaran dalam perumusan Alat Kelengkapa Dewan (AKD) berbuah penetapan formasi.

Meski komisi bertambah 1, Badan Anggaran (Banggar), Badan Kehormatan (BK), Badan Musyawarah (Bamus), Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) masih tetap.

Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Asep Noordin menjelaskan, ada perubahan jumlah komisi dari sebelumnya 3, sekarang menjadi 4.

"Sebelumnya komisi ada 3 karena dewan berjumlah 35, sekarang bertambah menjadi 40, maka komisi jadi 4," tegas Asep, kepada Kantor Berita RMOLJabar, Sabtu (21/9).

Komisi 1 dari yang sebelumnya berfokus pada Keagamaan, Pemerintahan, Pendidikan, Kesehatan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), kata Asep berubah fokus menjadi bidang Pemerintahan.

"Kan didalamnya ada fokus fokus lain yang lebih mendetail, sesuai dengan yang tertera dalam pasal 71. Komisi lain juga sama ada bidang, dengan fokus berbeda beda," imbuh Asep.

Sesuai hasil musyawarah ditingkatan anggota tiap tiap komisi, ucap Asep komisi 1 DPRD dipimpin oleh Adang Sudirman dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Wakil Ketua Solehudin fraksi Keadilan Indonesia Raya, Sekretaris Otang Tarlian fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Komisi 2, tadinya berfokus pada keuangan, pertanian, perkebunan, kelautan, perikanan dan pariwisata berubah menjadi bidang perekonomian dan keuangan," papar Asep.

Kemudian komisi 2, kata Asep, diketuai oleh Endang Ahmad Hidayat dari Fraksi Keadilan Indonesia Raya, Wakil Ketua Subariyo fraksi PKB dan Sekretaris Jajang Ismail fraksi Persatuan.

"Nah kalau komisi 3 yang membidangi Pembangunan dan lingkungan hidup, sekarang masih tetap tidak ada perubahan," ungkapnya.

Ketua dari komisi 3 ini, ucap Asep, diisi oleh Ade Ruminah dari fraksi Partai Golkar, Wakil Ketua Hesti fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Sekretaris Tata Sutari fraksi PDIP.

Untuk komisi 4 kata Asep membidangi Kesra dengan Ketua Wowo Kustiwa dari fraksi persatuan, Wakil Ketua Joane Irwan Suwarsa fraksi PDIP dan Sekretaris Toto fraksi partai Golkar.

"Bapemperda diketuai oleh Encep Najmudin fraksi PKB dan Wakil Ketua Joane Irwan Suwarsa fraksi PDIP. Sementara BK ketuanya Ucup Supriatna fraksi PDIP dan Wakil Ketua Yenyen Windiyani fraksi PAN," tukasnya.

Banggar dan Bamus Tandas Asep unsur pimpinannya adalah Ex Officio DPRD dengan susunan Ketua Asep Noordin, Wakil Ketua I Muhammad Taufiq dan Wakil Ketua II Jalaludin. [yud]

Komentar Pembaca
Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00