KABUPATEN PANGANDARAN

Dinantikan Sejak Lama, UU Pesantren Kado Terindah Untuk Ulama

Politik  RABU, 25 SEPTEMBER 2019 , 14:12:00 WIB | LAPORAN: SYAMSUL ARIFIN

Dinantikan Sejak Lama, UU Pesantren Kado Terindah Untuk Ulama

Rd KH Hilal Farid Turmudzi/RMOLJabar

RMOLJabar. Diketuknya Undang Undang (UU) tentang Pesantren Selasa kemarin (24/9) di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) disambut baik kalangan ulama muda dan lembaga Keagamaan di Kabupaten Pangandaran.

Meski sudah disahkan, UU tentang pesantren belum sampai hingga Kementerian Agama (Kemenag) di tingkat Kabupaten.

Direktur Ahlussunnah Wal Jamaah Nahdlatul Ulama (Aswaja NU) Center Kabupaten Pangandaran, Rd KH Hilal Farid Turmudzi mengaku terharu atas diketoknya UU yang telah lama dinantikan.

"Keberadaan UU ini sangat dinantikan sejak lama, karena sebelumnya pesantren sering dipandang sebelah mata oleh khalayak karena tidak memiliki legalitas formal," ungkap Rd KH Hilal kepada Kantor Berita RMOLJabar, Rabu (25/9).

UU pesantren, kata Rd KH Hilal, merupakan kado terindah untuk para ulama dan santri menjelang peringatan Hari Santri 22 Oktober mendatang.

"Ya ini kado terbaik dari warga nahdliyin yang duduk di DPR RI bagi para pesantren yang notabene tahun-tahun ke belakang belum mendapatkan pengakuan formal," tegas Rd Kh Hilal.

Sementara, Kepala Kemenag Kabupaten Pangandaran Cece Hidayat mengaku bahagia meski belum menerima draft UU Pesantren di kantor.

"Belum lah, kan baru kemarin disahkannya juga, ya namanya sudah diundangkan, bagaimanapun caranya ini harus dilakukan oleh semua," ungkap Cece.

Keberadaan pesantren, kata Cece, sejarahnya sangat luar biasa karena sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka dan tidak bisa diragukan lagi nasionalismenya.

"UU Pesantren ini berkah bagi Indonesia karena lembaga yang membina karakter, iman taqwa umat, bahkan turut memperjuangkan kemerdekaan sekarang sudah punya kejelasan pengakuan negara," pungkasnya. [gan]

Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA