TASIKMALAYA

KAHMI Minta Mahasiswa Dan Pemerintah Legowo

Politik  KAMIS, 26 SEPTEMBER 2019 , 08:01:00 WIB | LAPORAN: NANANG YUDI

KAHMI Minta Mahasiswa Dan Pemerintah Legowo

Abdul Haris/RMOLJabar

RMOLJabar. Ketua Presedium Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Indonesia (KAHMI) Tasikmalaya, Abdul Haris, meminta semua pihak yaitu pemerintah dan mahasiswa untuk legowo.

"Luar biasa yang tak terduga demo mahasiswa. Selain puluhan ribu tumplek di jalan dan mendobrak pagar DPR RI di Jakarta, juga di Kantor DPRD daerah masing-masing," ungkapnya, Kamis (26/9).

Gerakan mahasiswa dengan aksi tuntutan yang sama, kata Haris, yaitu menolak Revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), RUU KUHP dan Revisi UU agraria.

"Dengan aksi mahasiswa tersebut maka otomatis aparat keamanan bertugas mengamankan fasilitas negara, fasilitas umum termasuk menjaga keamanan yang melakukan demo tersebut," tuturnya.

Dari aksi mahasiswa tersebut, dirinya mencatat beberapa hal yang harus dicermati serta legowo semua pihak. pertama, dari sekian tuntutan mahasiswa ternyata oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagian sudah dikabulkan yakni menunda pengesahan UU agraria, UU pemasyarakatan.

"Hal ini menurut saya kemajuan dan legowo pihak pemerintah sehingga Undang-undang yang dipending perlu sosialisasi dan dapat masukan dari masyarakat luas supaya banyak pihak memahami pentingnya Undang-undang tersebut," jelasnya.

Adapun UU revisi KPK, Haris melanjutkan, UU yang lainnya Jokowi menyetujui untuk disahkan sebagai UU yang dapat dijadikan pedoman semua pihak. Juga ada catatan bahwa aparat keamanan mengatasi demonstran indikasi ada
kekerasan hal ini merupakan risiko perjuangan.

"Tapi yang paling penting bagaimana pemerintah dan aparat kepolisian dapat bertanggungjawab atas musibah insiden tersebut. Diharapkan semua pihak legowo dan menyadari kekurangan semua pihak. Semoga untuk ke depan dapat bersatu untuk membangun Indonesia yang lebih maju disegani oleh negara lainnya," pungkasnya. [gan]

Komentar Pembaca
Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00