Ini Bocoran Harga Dan Fasilitas Kereta Istimewa

Ekbis  SABTU, 28 SEPTEMBER 2019 , 09:53:00 WIB | LAPORAN: ALDI FERDIAN

Ini Bocoran Harga Dan Fasilitas Kereta Istimewa

Kereta Istimewa/RMOLJabar

RMOLJabar. PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan kereta komersial privat yang dinamakan Kereta Istimewa. Peluncuran ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun KAI yang ke-74.

Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro mengatakan, satu rangkaian Kereta Istimewa terdiri dari dua kereta berjenis KRD dengan total kapasitas 40 penumpang.

Bahkan, jadwal Kereta Istimewa dapat disesuaikan dengan keinginan pelanggan karena tidak dirangkaikan dengan perjalanan KA reguler.

"Tahap awal, kereta yang dikelola oleh anak usaha KAI yaitu PT KA Pariwisata ini, dapat dipesan untuk jarak menengah seperti Jakarta-Cirebon, Jakarta-Bandung, dan Jakarta-Semarang," kata Edi di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Ir. H. Djuanda PT KAI, Jalan Laswi No. 23, Bandung, Sabtu (28/9).

Soal fasilitas, kata Edi, Kereta Istimewa tersebut tidak usah diragukan. Ada ruang, lounge, mini bar, karaoke, mushola dan toilet.

Disinggung terkait harga, ada sedikit bocoran pada saat peluncuran yang dilakukan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi. Sekali perjalanan Jakarta-Bandung maupun sebaliknya, hanya Rp19 juta untuk 40 orang penumpang.

"Kereta Istimewa cocok digunakan untuk bisnis, reuni, event, bahkan rekreasi keluarga," ucap Edi.

Sementara itu, Menhub Budi Karya Sumadi menilai, Kereta Istimewa merupakan suatu kreatifitas inovasi yang baik. KA tersebut sebetulnya kereta yang sudah tidak dipakai secara tekhnis.

"Jadi saya mengusulkan nanti di kota-kota khusus seperti Jogja, Solo, KA Bandaranya pakai ini. Tapi desain interiornya lebih tradisional lagi. Ini suatu yang bagus," kata Budi. [gan]

Komentar Pembaca