Penghargaan Organisasi Pemuda 2019 Dispora Jabar

Pemerintahan  KAMIS, 03 OKTOBER 2019 , 11:09:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Penghargaan Organisasi Pemuda 2019 Dispora Jabar

Giat Penghargaan Organisasi Pemuda tahun 2018/Ist

RMOLJabar. Dalam rangka meningkatkan jangkauan dan kualitas pelayanan untuk organisasi kepemudaan di wilayah Jawa Barat. Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Barat menggelar agenda Penghargaan Organisasi Pemuda tahun 2019.

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya Pemdaprov Jawa Barat dalam menggenjot konsistensi dan dinamika positif karya-karya organisasi kepemudaan agar layak dihargai dan dipublikasikan sehingga memacu organisasi kepemudaan lain untuk mendapatkan penghargaan dan publikasi yang sama," ujar Kadispora Jabar, Engkus Sutisna kepada Kantor Berita RMOLJabar, Kamis (3/10).

Menurutnya, kata kunci utama dalam penyelenggaraan kegiatan penghargaan organisasi kepemudaan ini adalah; produktif, manfaat dan resonansinya. Sehingga menciptakan atmosfer kepemudaan yang baik ditengah masyarakat.

"Implementasi pelayanan bagi pemuda secara individu bukanlah hal sulit, tantangan terbesar kami adalah bagaimana kelompok atau organisasi kepemudaan juga bisa menikmati pelayanan kepemudaan mengingat masih banyak pengurus organisasi atau lembaga kepemudaan di Jawa Barat yang belum memenuhi kriteria batasan usia sebagaimana yang ditegaskan oleh undang-undang," tuturnya.

Selain itu, penghargaan organisasi kepemudaan ini adalah upaya Pemdaprov Jabar untuk mendorong dan memacu revitalisasi di internal organisasi kepemudaan dengan mensyaratkan batasan usia bagi organisasi atau lembaga kepemudaan yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Sementara, Kepala Seksi Tenaga dan Organisasi Pemuda Dispora Jabar, Nino Risno, dalam keterangannya mengatakan, Dispora Jawa Barat sedang menyiapkan roadmap dan strategi pembangunan di sektor kepemudaan sesuai dengan visi misi Gubenur yang tertuang dalam RPJMD 2018-2023 yang menempatkan isu kepemudaan sebagai salah satu isu strategis pembangunan lima tahun ke depan.

Menurutnya, Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Pedoman Pelayanan Kepemudaan membawa semangat dan arah baru dalam relasi antara pemuda dan pemerintah.

"Kata pelayanan yang ada di perda ini, sebagaimana UU 40/2009, menempatkan memiliki tanggungjawab yang besar dalam meyediakan pelayanan dan fasilitasi yang dibutuhkan oleh pemuda, baik itu individu maupun kelompok kepada pemerintah dengan tiga pilar utama yaitu penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan pemuda," kata Nino.

Ia juga mengatakan, penghargaan organisasi kepemudaan Jawa Barat tahun 2019 adalah salah kegiatan yang menjadi bagian dari agenda revitalisasi organisasi kepemudaan yang ada di Jawa Barat.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong organisasi kepemudaan Jawa Barat agar menyesuaikan diri dengan amanat UU dan Perda Kepemudaan terkait dengan batasan usia 30 tahun," tuturnya.

Kemudian, konsolidasi dan sirkulasi kader yang sehat diharapkan membangun atmosfir dan dinamika yang positif, sehingga mendorong kualitas generasi bangsa.

"Organisasi yang dimaksud tentunya tidak hanya organisasi formal atau organisasi masyarakat, namun juga dibuka ruang partisipasi bagi komunitas minat dan hobi yang diakui keberadaannya oleh UU dan Perda," ucapnya.

Pihaknya juga sering menemukan kegiatan-kegiatan yang inovatif dan kreatif, tidak hanya berasal dari organisasi masyarakat saja.

"Kelompok kreatif, minat-bakat dan hobi meski seringkali mereka enggan disebut organisasi formal, memiliki potensi yang luar biasa. Agar semakin banyak potensi yang dihimpun, dan kami semakin tahu banyak perkembangan kepemudaan yang ada di masyarakat," ujar Nino.

Lebih jauh, Nino mengatakan, bahwa setiap organisasi, kelompok, lembaga kepemudaan termasuk BEM dan UKM di kampus, serta kelompok minat, hobi dan bakat yang memiliki karya yang produktif dan inovatif diharapkan ikut serta mendaftar dan berpartisipasi dalam kegiatan ini.

"Dispora Jabar melalui kegiatan ini memberikan reward bagi para pemenang masing-masing sebesar Rp30 juta yang tersedia bagi empat pemenang di masing-masing kategorinya, sehingga hadiah total untuk pemenang sebesar Rp120 juta. Pendaftaran akan ditutup tanggal 18 Oktober 2019 mendatang," kata Nino.

Untuk diketahui, organisasi atau komunitas yang berniat mendaftar bisa melakukan registrasi online di htttp://bit.ly/pokdisporajbr atau datang langsung ke sekretariat panitia di Kantor Dispora Jabar atau menghubungi nomor 08562011369 dan 081321446677 untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut.

Dan pembagian hadiah bagi pemenang akan dilaksanakan pada puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kantor Gubernur Jawa Barat pada 28 Oktober 2019 mendatang. [gan]

Komentar Pembaca
Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00