SDN Sukamaju I Cimahi Tidak Mendapat Prioritas Air Bersih

Peristiwa  JUM'AT, 04 OKTOBER 2019 , 18:11:00 WIB | LAPORAN: ALVIN ISKANDAR

SDN Sukamaju I Cimahi Tidak Mendapat Prioritas Air Bersih

Krisis air bersih SDN Sukamaju I Cimahi/RMOLJabar

RMOLJabar. Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sukamaju I Kota Cimahi alami krisis air bersih sejak tiga bulan terakhir. Hal ini dikarenakan, pasokan air bersih dari Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Raharja tidak lagi mengalir.

Peristiwa ini tentu membuat miris. Pasalnya, instansi pendidikan yang seharusnya mendapat prioritas, kini terkendala sarana prasarana air bersih yang berdampak terhadap kurang efektifnya aktivitas belajar dan pembelajaran di sekolah.

Kepala SDN Sukamaju I, Enung Mutiah mengatakan, selama musim kemarau tepatnya tiga bulan terakhir ini, pasokan air dari Perumda Air Minum Tirta Raharja berhenti mengalir.

Meski demikian, dirinya mengakui, sesekali air dari perusahaan milik daerah ini mengalir namun itu pun pada malam hari dan tidak berlangsung lama.

"Jadi saat malam itu penjaga sekolah terpaksa harus menampung air supaya ada air yang bisa digunakan keesokan harinya," kata Enung saat ditemui di sekolah, Jumat (4/10).

Diungkapkan dia, tidak adanya pasokan air sangat terasa dampaknya. Apalagi kerap 218 siswa di sekolahnya ini mengalami kesulitan saat hendak buang air kecil, buang air besar, bahkan sulit untuk berwudhu dan mencuci tangan sekalipun akibat keringnya air di toilet sekolah.

"Karena di sekolah gak ada air, kita instruksikan supaya para murid ini membawa air bersih pakai botol ke sekolah. Tapi gak berlangsung lama karena mungkin air di rumahnya juga sudah pada kering juga," ujarnya.

Karena persediaan air bersih menjadi masalah yang urgensi, dia menbeberkan, pihak sekolah berinisiatif membuat proposal pengajuan bantuan pengiriman air bersih ke Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cimahi.

"Dari sebulan terakhir ini, alhamdulillah sekolah kita dipasok airnya dari Damkar. Karena memang, hampir setiap kemarau begini kondisinya," ucapnya.

Kondisi memprihatinkan akibat krisis air bersih, dituturkan Guru Pendidikan Agama Islam SDN Sukamaju I, Irmayasari Hidayah, para siswa SDN Sukamaju I terpaksa melakukan tayamum untuk bersuci. Mengingat program mingguan sekolah salah satunya mengadakan Salat Duha berjamaah.

"Ya jadinya, pada tayamum setiap kali mengikuti Salat Duha," bebernya.

Sementara itu, Komandan Regu (Danru) I Damkar Kota Cimahi, Indrahadi memaparkan, air yang didistribusikan untuk masyarakat menggunakan kendaraan Damkar berasal dari UPT Air Minum Pemkot Cimahi.

"Sampai sejauh ini, kita sudah mendistribusikan air sebanyak 11.500 liter," tukasnya. [gan]


Komentar Pembaca
Erick Thohir Cocok Jadi Menpora

Erick Thohir Cocok Jadi Menpora

SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 15:25:33

KPK Tangkap Tangan Bupati Indramayu

KPK Tangkap Tangan Bupati Indramayu

SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 13:45:26

Gibran, Pemuda Dengan Tulang Punggung yang Muda Membungkuk
Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad