Tidak Sehat! 13 Pohon Di Ruas Jalan Cimahi Akan Ditebang

Pemerintahan  MINGGU, 06 OKTOBER 2019 , 16:07:00 WIB | LAPORAN: ALVIN ISKANDAR

Tidak Sehat! 13 Pohon Di Ruas Jalan Cimahi Akan Ditebang

Ilustrasi/Net

RMOLJabar. Sebanyak 13 pohon di sejumlah ruas jalan di Kota Cimahi direncanakan akan ditebang Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi dalam waktu dekat ini.

Hal ini dilakukan, mengingat berdasarkan hasil identifikasi ke-13 pohon tersebut kondisinya tidak sehat sehingga berpotensi tumbang.

Kepala DLH Kota Cimahi, Mochamad Ronny mengatakan, terkait penebangan ke-13 pohon yakni tiga pohon angsana di Jalan Amir Mahmud, dua pohon angsana di Jalan Encep Kartawiria, satu pohon mahoni di Jalan Sudirman, empat pohon angsana di Jalan Kerkof, serta tiga pohon angsana di Jalan Sriwijaya, pihak DLH Cimahi saat ini masih dalam tahapan penyusunan jadwal pelaksanaan penebangannya.

"Itu sedang dijadwalkan tapi paling lambat minggu depan sudah terjadwal dan secara bertahap dilakukan penebangan," kata Ronny saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (5/10).

Rencana pengembangan pohon sendiri, diterangkan dia, bercermin pada kejadian 18 September lalu, yang mana beberapa pohon di ruas jalan di Kota Cimahi tumbang.

"Jadi waktu itu, kita memanggil tenaga ahli untuk mengidentifikasi beberapa pohon, apakah pohon itu sehat," ungkapnya.

Dari hasil identifikasi tim ahli, sedikitnya 13 pohon tersebut dalam kondisi tidak sehat dan tidak bisa dipertahankan. Seperti untuk pohon yang dari akar sampai dengan pucuk tajuk semuanya kering, tanaman sudah tidak bertajuk, akar sudah tidak bisa menopang pohon, hingga pohon yang terserang penggerek (hama).

"Nah, tim ahli itu lah direkomendasikan ke-13 pohon itu untuk ditebang," terangnya.

"Kemudian lokasinya kan berada di pinggir jalan dengan frekuensi padat kendaraan, sehingga dikhawatirkan tumbang menyebabkan kecelakaan," imbuhnya.

Sementara untuk pohon yang berada di bahu Jalan Mahar Martanegara yang dikeluhkan warga, dia membeberkan, pohon tersebut tidak masuk dalam data pohon yang akan ditebang sebab masih dalam kondisi sehat.

Akan tetapi, jika ada rekomendasi baik dari Satlantas Polres Cimahi atau Dinas Perhubungan Kota Cimahi untuk dilakukan penebangan karena dinilai membahayakan, pihak DLH akan mengambil tindakan (penebangan).

"Tentunya pohon yang masih sehat kita tidak tebang, tapi lakukan pemeliharaan. Keculai memang ada rekomendasi dari Lantas kemudian Dishub, di saat pohon itu membahayakan atas rekomendiasi itu, ya, kita akan ambil tindakan," ucapnya.

Disampaikan dia, penebangan pohon tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Sebab, keamanan petugas dan pengguna jalan yang melintas pun harus benar-benar diperhatikan dan safety.

"Jadi teknik penebangannya akan dimulai dengan toping dari ranting kemudian dahan, lalu batang dan terakhir pembersihan tunggul," tukasnya. [gan]

Komentar Pembaca
Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA