Rektor Baru Unpad Akan Perkuat Soliditas Internal

Ragam  SENIN, 07 OKTOBER 2019 , 18:53:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Rektor Baru Unpad Akan Perkuat Soliditas Internal

Pelantikan Rektor Unpad/RMOLJabar

RMOLJabar. Universitas Padjadjaran (Unpad) kini resmi memiliki rektor baru. Hal itu seiring dengan dilantiknya Prof. Dr. Rina Indiastuti, sebagai Rektor terpilih Universitas Padjadjaran periode 2019-2024, di Gedung Graha Sanusi Unpad, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Senin (7/10).

Usai dilantik, Rektor Unpad terpilih Rina Indiastuti mengatakan, dirinya akan langsung memperkuat soliditas internal Unpad. Mulai dari dosen sebagai tenaga pendidik, hingga mahasiswa. Pasalnya, hal itu diperlukan untuk membawa kemajuan Unpad. Baik secara skala nasional maupun internasional, terlebih Unpad memiliki misi menjadi satu diantara 500 Universitas terbaik di dunia.

"Pesan penting lain menuju itu (rangking 500 dunia) tidak bisa rektor sendirian, harus dibantu oleh tim dan civitas warga unpad. Unpad tampaknya sekarang ada sinyal guyub artinya energi kami yang besar dosen yang 2.100 tekndik 2.250 dan mahasiswa yang 38.000 kalau itu energinya disatukan guyub insya allah unpad akan maju dan berkontribusi bagi bangsa terutama Jabar," ucap Rina saat ditemui usai dilantik menjadi Rektor.

Lebih lanjut, Rina mengungkapkan, soliditas antara rektor dan seluruh civitas akademika di lingkungan Universitas Padjadjaran sangat diperlukan. Hal itu dikarenakan, tantangan revolusi industri 4.0 atau digitalisasi saat ini merupakan sebuah peluang yang dapat dimanfaatkan demi kemajuan Unpad.

"Tantangannya adalah bagaimana kita memanfaatkan peluang yang ada, peluangnya misalnya adalah di balik ada tantangan bahwa ada industri 4.0, dimana ada tantangan bahwa akan terancam pekerjaan-pekerjaan yang tidak akrab dengan digital," ujar Rina.

Selain itu, Rina menargetkan, Universitas Padjadjaran kedepan harus menjadi satu diantara pusat kajian berbagai macam persoalan di Jawa barat. Hal itu dilakukan, sebagai bentuk pengabdian Unpad kepada masyarakat Jabar.

"Itu (pusat kajian jabar) harus ya saya pribadi tiga tahun lalu saya punya buku daya saing jabar e book pernah dipresentasikan di bank indoensia. Jabar adalah potensi yang sangat besar harus terus menyejahterakan masyarakatnya," pungkasnya.

Perlu diketahui, Rina terpilih berdasarkan aklamasi yang dilakukan oleh seluruh anggota Majelis Wali Amanat (MWA) Unpad pada sidang pleno yang digelar MWA Unpad di Ruang Serba Guna Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Minggu (6/10). [son]



Komentar Pembaca